suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Menyamar Jadi Polisi dan Tipu Wanita Ratusan Juta , Pemuda Ditangkap

SPcom BANDUNG – Seorang pria berinisial DYP (26) ditangkap Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Jawa Barat, lantaran menjadi seorang polisi gadungan dan telah menipu dan memeras seorang wanita dengan total kerugian sebesar Rp 165 juta.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, pelaku berkenalan dengan korban melalui aplikasi Tinder dengan foto profil menggunakan seragam kepolisian lengkap agar korban semakin percaya.

“Modus operandi yang bersangkutan kenal dari aplikasi Tinder dengan korban dan mengaku sebagai anggota kepolisian bernama Antonius Felix Rompas dengan pangkat AKP dan berdinas di Bareskrim Polri,” kata Budi di Bandung, Rabu (6/3/2024).

Setelah bertemu di aplikasi Tinder, pelaku berulangkali meminjam uang kepada korban dengan total senilai Rp 165 juta karena mengaku membutuhkan uang tersebut untuk mengurus masalah terkait pelanggaran kode etik.

“Akhirnya korban karena tidak tega, meminjamkan kembali dengan menggadaikan BPKB kendaraan,” kata dia.

Lebih lanjut, Budi mengatakan usai memberikan uang kepada tersangka, DYP tiba-tiba menghilang dan tidak ada kabar usai dipinjamkan uang oleh korban.

Karena tak kunjung mendapatkan kabar, korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Regol dan polisi berhasil mengamankan pelaku di tempat kos yang terletak di daerah Dago, Kota Bandung.

“Untuk penipuan tersebut, uangnya digunakan untuk gaya hidup, ada yang digunakan untuk beli sesuatu dan ada juga yang untuk main judi slot dari uang tersebut,” katanya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan pin Reserse, korek api berbentuk senjata api serta seragam polisi lengkap dengan atribut dan tanda pangkat.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara. (SP)

Related posts

Tim Relawan Luncurkan Platform Berbasis AI untuk Kampanye, Raih Dua Rekor Muri

Ester Minar

Kejari Jember Musnahkan 140 Ribu Pil Koplo

Sandi

Kimia Farma Ikuti Perintah Menteri BUMN, Pecat Tersangka Kasus Alat Rapid Test Bekas

Ester Minar

Leave a Comment