suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Viral! Batu Nisan Makam Tionghoa Jadi Tutup Selokan, Lurah Buka Suara

SPcom SEMARANG – Sebuah video beredar viral di media sosial X memperlihatkan beberapa Bong Pay alias nisan makam Tionghoa dijadikan penutup selokan di Kota Semarang. Tepatnya di Jalan Saputan Raya, Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari.

Di akun @niwseir dituliskan narasi “Setelah kuburan Tionghoa jadi tempat selfie/tiktokan atau apalah itu, kini batu nisan kuburan Tionghoa dicuri dan dijadikan penutup selokan dan kuburannya dijadikan pembuangan sampah. Yang lucu? Warga Tionghoa malah mau bangunkan tempat pembuangan permanen,”

Tertulis pada 14 Maret 2024, video itu sudah tayang sebanyak 1,3 juta kali, 2.871 posting ulang dan disukai 7.113. Videonya memperlihatkan beberapa Bong Pay warna abu-abu jadi penutup selokan.

Lurah Jombang Henry Nurcahyo membenarkan apa yang ada video itu ada di wilayahnya. Namun, menurutnya pihaknya sudah berkomunikasi dengan warganya yang terdapat Bong Pay itu bersama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jateng.

“Kejadian itu sudah terselesaikan kemarin, sudah diberesin itu. Terkait Bong Pay itu dulu kan di wilayah Jomblang itu dulunya itu kan memang Makam Cina dan sudah berubah jadi perkampungan,” kata Henry, Minggu (17/3/2024).

“Nah terkait Bong Pay itu kan orang-orang sekarang itu peninggalan dari mbah-mbahnya yang dulu, jadi ketidaktahuan mereka terkait itu. Jadi tidak ada unsur kesengajaan juga karena ketidaktahuan,” lanjutnya.

Pihaknya bersama warga kemudian membongkar Bong Pay tersebut, jumlahnya ada 17 buah. Kemudian diserahkan ke pihak PSMTI dan pihaknya juga mengganti tutup selokan warga. (SP)

Related posts

Ferdy Sambo Tidak Dapat Remisi Hari Natal

Ester Minar

Angkot Masuk Jurang, 2 Pelajar Tewas

Ester Minar

Persiapan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Dimatangkan

Sandi

Leave a Comment