suryapagi.com
NEWSRAGAM

Heboh! Umrah Backpacker, Kemenag: Berisiko Tinggi!

SPcom JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menanggapi fenomena umrah backpacker. Ia mengingatkan risiko yang tinggi dari jemaah yang melakukan perjalanan tersebut.

Berawal dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, mengatakan umrah backpacker jika tak dikontrol bisa menjadi bom waktu. Ia mengatakan jemaah yang memakai jasa umrah saja bisa kesulitan, apalagi jika mereka berjalan seorang diri.

“Soal umrah backpacker ini menurut saya bisa kalau diterapkan tanpa kontrol dari negara akan bisa menjadi bom waktu, kenapa?” kata Ace dalam Raker Kemenag dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (18/3/2024).

“Menurut saya ya dan ini yang selalu saya sampaikan dalam beberapa kesempatan bahwa itu bukan seperti wisata biasa, umrah itu ibadah bagi yang pertama kali ke Arab Saudi pasti perlu ada yang membimbingnya,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut merespons, dalam prinsipnya, Kemenag selalu ingin memberikan perlindungan bagi jemaah yang umrah. Ia mengatakan perjalanan umroh ini masih ditemukan modus yang merugikan.

“Bagaimana sering kali umroh dijadikan modus orang untuk menyiasati antrian yang panjang atau mungkin mencari pekerjaan di Saudi dengan cara modern banyak modus-modus lain sehingga soal umrah backpacker ini akan semakin membuka peluang modus-modus yang tadi sudah dikhawatirkan,” ujar Yaqut.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Arab Saudi untuk mengantisipasi hal ini. Yaqut menyebut akan mendalami terkait umrah backpacker tersebut.

“Kami sudah berbicara dengan Kementerian Haji Arab Saudi. Jumat lalu saya juga sudah ketemu dengan Dubes Saudi untuk Indonesia untuk secara teknis membicarakan bagaimana nanti cara mengatasi problem-problem yang muncul dalam haji backpacker ini,” kata dia.

“Tugas-tugas yang kami harus selesaikan ini bisa kami koordinasikan dengan baik karena kita semua tahu umrah bagian dari bisnis atau perjalanan dalam kategori risiko tinggi,” pungkasnya. (SP)

Related posts

Ini Penjelasan Ibunda Amanda Manopo Terkait Kabar Putusnya Amanda dan Billy

Resiana

Seorang Bocah Hilang di Rumah Sakit Saat Jenguk Keluarga

Ester Minar

Viral! Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil 2 Kali, Ibu Bantu Gugurkan

Ester Minar

Leave a Comment