suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Jembatang Cirahong Ciamis, Sarat dengan Kisah  dan Rumor Mistis

Berbagai hal di luar nalar disebut-sebut sering terjadi di jembatan ini, terutama bagi pengendara yang melintas di malam hari.

SPcom JAKARTA – Menjadi penghubung antara kota Ciamis dengan Tasikmalaya, Jembatang Cirahong tersohor karena keangkerannya. Jembatan dari rangka baja yang di bagian atasnya digunakan sebagai jalur kereta, dan di bawahnya jalur kenderaan bermotor beralas kayu itu, konon kerap terlihat kehadiran makhluk astral.

Dari keterangan warga, terutama bagi pendatang dari luar kota, berbagai peristiwa di luar nalar dari suara-suara misterius, hingga sosok gaib berbagai bentuk, adalah hal yang tak asing lagi jembatan peninggalan zaman Kolonial Belanda tersebut.

Di balik peristiwa magis, Jembatan Cirahong telah merentang sejarah panjang. Di era tahun 1800-an, jembatan ini merupakan ekspansi dari pembangunan rel kereta api oleh Belanda,  yang dimulai di tahun 1875. Jembatan Cirahong sendiri, yang mulai dibangun di tahun 1893, disebut memiliki fungsi sebagai akomodasi bagi pihak Belanda untuk memindahkan barang dagangan seperti kopi, hingga untuk memindahkan para tentara.

Dengan berdirinya Jembatan Cirahong dua daerah yang dulu terpisah sungai bisa terhubung. Telah berdiri selama ratusan tahun, Jembatan Cirahong kian seram,  saat di tempat ini, banyak ditemukan mayat tanpa identitas. Salah satunya bahkan masih terekam jelas dalam benak warga, yang melihat jenazah mengapung di sungai, di dekat salah satu tiang jembatan.

“Udah puluhan kali penemuan mayat di bawah jembatan. Terakhir saya dan warga menemukan sosok mayat yang dibuang yang ditemukan di bawah jembatan kereta api, di dekat Sungai Citandu. Mayat yang terbawa arus sungai, posisinya dekat tiang. Untuk penemuan mayat terakhir ditemukan itu di bawah tiang jembatan,”  ujar Andi, warga setempat.  

Ya, meski indah, dan unik, nanun Jembatan Cirahong juga terkenal dengan berbagai cerita dan rumor seram. Berbagai hal di luar nalar disebut-sebut sering terjadi di jembatan ini, terutama bagi pengendara yang melintas di malam hari.

Bahkan Jembatan Cirahong sempat dirumorkan sebagai tempat pembuangan mayat, percobaan bunuh diri, penampakan bayangan mobil, suara tangisan, dan lainnya. hal tersebut bahkan sempat menjadi sensasi dan daya tarik sebagai lokasi shooting bagi sejumlah stasiun televisi swasta nasional. (SP)

Related posts

Rumah Tangga Roro Fitria-Andre Irawan Dikabarkan Goyah

Ester Minar

Kemenkeu Tagih Utang Ratusan Miliar ke Grup Usaha Milik Jusuf Hamka

Ester Minar

Aktor Hollywood Jason Statham Puji Iko Uwais

Ester Minar

Leave a Comment