suryapagi.com
METRO

Plt SDA DKI Jakarta Ika Agustin: Petugas Kami Berupaya Minimalisir Dampak Hujan

Suryapagi.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan petugas dan menyiagakan pompa sebagai penanganan bencana banjir akibat cuaca ekstrem tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum, mengatakan, Dinas SDA sudah menyiagakan petugas/satuan tugas (satgas) dan sarana prasarana dalam menanggulangi banjir, seperti pompa baik stasioner maupun mobile.

“Saat ini, petugas kami masih berupaya untuk meminimalkan dampak hujan deras yang terjadi sejak dini hari. Berbagai cara kami upayakan dan sinergikan untuk mengantisipasi dan meminimalkan genangan yang terjadi,” kata Ika, Jumat (22/3).

Berdasar data per 15 Maret 2024, Dinas SDA DKI Jakarta telah menyiapkan 580 unit pompa stasioner, 557 unit pompa mobile, dan 845 pintu air yang tersebar di berbagai lokasi strategis. Kemudian, ada 254 unit alat berat, 460 unit dump truck, dan pasukan biru sebanyak 4.226 personel yang siap siaga hadapi dampak musim hujan ini.

Ika mengatakan, infrastruktur pengendali banjir di DKI Jakarta dirancang untuk menanggulangi curah hujan ekstrem dengan batas 150 mm/hari untuk infrastruktur makro dan 100 mm/hari untuk infrastruktur mikro.

“Prinsipnya, kami selalu standby dan meningkatkan koordinasi dengan seluruh pihak seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), para Wali Kota, Camat, Lurah, hingga RT/RW,” pungkasnya.

Seperti diketahui Jakarta diguyur hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang cukup lama. Terpantau curah hujan ekstrem terjadi di Semanan, Jakarta Barat, dengan intensitas 212 mm/hari dan di Pompa Tanjungan, Jakarta Utara, dengan intensitas 208 mm/hari.

Terdampak 11 ruas jalan di Jakarta Utara tergenang dengan ketianggian antara 10 sampai 40 cm

Related posts

Lanjutkan Bisnis Sabu Milik Suaminya, Seorang Wanita Ditangkap

Ester Minar

Jadi Percontohan, Pengelola TPS3R Flamboyan Pamulang Kurang Perhatian DLH

Sandi

Heboh, Pria Todong Senjata Api di Kantor Perkumpulan Advokat Betawi

Ester Minar

Leave a Comment