suryapagi.com
ARTISSELEBRITAS

MUI Larang Pemutaran Film Kiblat

“Sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama, maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” ujar Cholil Nafis

SPcom JAKARTA –  Film layar lebar berjudul ‘Kiblat’, yang akan segera tayang di bioskop-bioskop seluruh tanah air, menuai kritik pedas dari berbagai pihak. Salah satu pemicunya lantaran film  horor yang  dibintangi Yasmin Napper, Arbani Yasic, Ria Ricis, Hana Saraswati dan Dennis Adhiswara itu, kental  membawa simbol-simbol Islam.

Ya, film yang diproduksi Leo Picture ini, menampilkan poster wanita tengah sholat dengan wajah terbalik, nyatanya telah mengundang kontroversi dan tanda tanya besar. Bahkan, film yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures itu dilarang untuk diputar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Ketua MUI Bidang Dakwah, Cholil Nafis, meski tak tahu isi filmnya, dia menilai poster film Kiblat tampak tak sesuai dengan judul filmnya. “Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram kok judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya Ka’bah, arah menghadapnya orang-orang salat,” kata dia lewat akun Instagramnya, Minggu (24/3).

“Kalau ini benar, sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama, maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” sambungnya. Cholil menyampaikan kritik ke film besutan itu lantaran penggunaan judul ‘Kiblat’ dianggap bisa mengarah ke promosi sensitif.

“Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama biasanya malah tak boleh ditonton,” tuturnya.

Kiblat merupakan salah satu film horror yang menggunakan konsep religi dalam penceritaannya. Belum jelas kapan film ini akan tayang di bioskop, namun film garapan sutradara Bobby Prasetyo diproyeksi akan tayang tahun ini. (SP)

Related posts

Modal 5 M Untuk Pileg 2024, Anisa Bahar Gagal Melangkah ke Senayan

Rasid

Leslar Masih Rahasiakan Jenis Kelamin dan Wajah Bayinya, Netizen: Lebay

Ester Minar

Suami Terus Disindir Netizen, BCL Pasang Badan

Ester Minar

Leave a Comment