suryapagi.com
NEWSTNI/POLRI

Menjadi Kabais, Ini Tugas dan Wewenang Letjen TNI Yudi Abrimantyo

Bais adalah organisasi khusus menangani intelijen kemiliteran dan berada di bawah komando Markas Besar TNI.

SPcom JAKARTA – Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Kabainstrahan) Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis atau Kabais yang baru oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Dengan begitu, ia naik pangkat dari Mayjen menjadi Letjen TNI. Yudi Abrimantyo menggantikan Letjen TNI Rudianto yang dirotasi menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI. 

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanyo mengatakan sertijab itu bukan hanya sekedar pergantian jabatan, tetapi bagian integral dari strategi pembinaan karier dan regenerasi organisasi. Ia menyoroti pentingnya penyegaran ide, peningkatan kualitas kinerja, dan peningkatan produktivitas organisasi sebagai tujuan utama dari setiap perubahan jabatan.

“Pergantian pejabat di lingkungan TNI merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi. Selain itu juga untuk mengembangkan karir bagi perwira yang bersangkutan juga memiliki maksud untuk penyegaran pemikiran, peningkatan kualitas kenerja serta perbaikan produktivitas organisasi,” kata Agus.

Sebagai informasi, Bais adalah organisasi khusus menangani intelijen kemiliteran dan berada di bawah komando Markas Besar TNI. Organisasi ini bertugas menyuplai analisis-analisis intelijen dan strategis yang aktual maupun perkiraan ke depan, baik jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang kepada Panglima TNI dan Kementerian Pertahanan.

Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, Kabais TNI dibantu oleh Wakil Kabais TNI, disebut Waka Bais TNI. Selain itu, Kabais juga dibantu oleh tujuh orang Direktur Bais TNI, dan tiga orang Komandan Satuan disingkat Dansat, Atase Pertahanan, serta Penasihat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bais TNI sendiri memiliki satuan militer yang disebut Satuan Induk Badan Intelijen Strategis – Tentara Nasional Indonesia (SatInduk Bais – TNI). Satuan ini bermarkas di Cilendek Barat, Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat. Secara organisasi, SatInduk Bais – TNI dipimpin oleh seorang Komandan yang berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen). (SP)

Related posts

Kakek Disengat Tawon Hingga Tewas

Ester Minar

Tipu Camat Pancoran Mas Depok Puluhan Juta, Perwira TNI Gadungan Ditangkap

Sandi

KPK Geledah Kantor Badan Pengusahaan, Sita Dokumen Fiktif Rokok

Ester Minar

Leave a Comment