suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Inilah Sosok Siluman Menyeramkan Penunggu Sungai Mahakam

Bukan hanya sosok Mitologi Siluman Naga dan Ular Berkepala Lembu,  air Sungai mahakam juga dipercaya memiliki kekuatan magis

SPcom JAKARTA – Terletak di Kalimantan Timur, Sungai Mahakam yang panjangnya mencapai 920 KM, merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia, setelah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, yang memiliki panjang 1143 KM. Berfungsi sebagai sumber air dan sarana transportasi air, membuat keberadaan  Sungai Mahakam sangat  penting bagi masyarakat Kalimantan pada umumnya dan Kalimantan Timur pada khususnya.

Namun, di balik keindahan serta fungsinya, konon Sungai Mahakam juga dipercaya masyarakat sekitar sebagai sungai wingit yang dihuni oleh banyak mahluk astral. Misalnya terkait mitos keberadaan Siluman Naga dan ular berkepala Lembu,   sebagai penghuni Sungai Mahakam.

Dan boleh percaya boleh tidak, Johansyah Balham, sejarawan sekaligus sastrawan Kalimantan Timur, bahkan pernah melihat sosok mahluk astral aneh di Sungai Mahakam, berupa ular berkepala Lembu.  “Saya sempat mendegar dengusan, yang disusul kehadiran ular dengan sisik berwarna kuning. Ular berkepala Lembu itu matanya besar,” ujar Johansyah.

Bukan hanya sosok Mitologi Siluman Naga dan Ular Berkepala Lembu,  air Sungai mahakam juga dipercaya memiliki kekuatan magis. Dimana setiap orang yang meminumnya,  dipercaya kelak akan kembali ke kota sungai tersebut. Misteri Sungai mahakam memang tertanam begitu kuat.

Bahkan saat Jembatan Kutai Kertanegara yang  melintas di atasnya ambruk pada 2011 lalu, banyak pihak yang meyakini hal tersebut erat kaitannya dengan pengaruh magis Sungai Mahakam, yang memang sudah sangat tersohor. Menurut ahli retrokognisi Om hao, ambruknya jembatan Kukar ada kaitannya dengan posisi jembatan pelengkung baja tersebut yang menghadap langsung ke Pulau Kumala, yang terkenal dengan keberadaan Patung Lembusuwa. (SP)

Related posts

Terpapar Covid-19 dan Sempat Kritis, Ibunda Amanda Manopo Tutup Usia

Ester Minar

Saling Gandengan Tangan, Verrell Bramasta dan Livy Renata Pacaran?

Ester Minar

TNI AD Gelar “Serbuan Stunting” di Pulau Terluar Kepulauan Tanimbar

Ester Minar

Leave a Comment