suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Misteri Beringin Kembar di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Mitosnya,siapa saja  yang bisa melewati pohon ini dengan mata tertutup atau masangin, maka semua keinginannya akan terkabul.

SPcom JAKARTA – Alun-alun Kidul (Alkid) berada di belakang kawasan keraton Yogyakarta, memang menjadi tempat wisata di yogyakarta yang ramai dikunjungi dengan banyaknya penjaja kuliner lokal ala angkringan dan juga odong-odong warna-warni di malam hari. Di siang hari, suasana alun-alun kidul juga ramai oleh wisatawan dengan adanya berbagai aktivitas menarik.

Namun dari itu semua, ada mitos yang cukup  melegenda dari Alun-alun Kidul ini. Yaitu keberadaan pohon Beringin Kembar, di alun-alun. Ya, terletak di sebelah Selatan Komplek Keraton, keberadaan sebuah Plengkung Gading menjadi gerbang masuk menuju alun-alun, yang di dalamnya berdiri pohon beringin kembar yang melegenda.

Terlepas dari cerita historis yang mengiringi keberadaan Beringin kembar itu, yang pastinya  mitos yang paling terkenal dari pohon ini adalah, siapa saja  yang bisa melewati pohon ini dengan mata tertutup atau masangin, maka semua keinginannya akan terkabul.

Toh, meski belum terbukti kebenarannya, mitos ini sudah terlanjut melekat, dan membuat banyak orang penasaran ingin membuktikannya. Meski berjalan di antara kedua pohon beringin dengan mata tertutup kedengarannya mudah, namun nyatanya tak semua orang bisa melakukannya.

Banyak wisatawan yang heran ketika mereka gagal mencobanya pertama kali, bahkan hingga berulang kali mencoba setiap datang ke Yogyakarta. Alasan wisatawan gagal melewati kedua pohon beringin di alun-alun kidul cukup beragam. Ada yang mempercayai daya magis kedua pohon ini seakan ”memilih” siapa yang bisa melewatinya dengan melihat kesucian hati dan niat baiknya.

Namun ada pula yang menjelaskan bahwa secara ilmiah berjalan lurus dengan mata tertutup adalah hal yang cukup sulit. Terlebih, banyaknya suara dan gerakan orang di sekitar membuat seseorang bisa kehilangan orientasi sehingga gagal untuk mencapai celah di antara kedua pohon beringin. (SP)

Related posts

Siapa Pemakai Jasa Cassandra Angelie yang Bertarif 30 Juta?

Ester Minar

Siap Bela Negara, Duo Amor Bercita-cita Bawa Dangdut Mendunia

Sandi

Ayu Thalia Kena Tulah Senjata Makan Tuan

Ester Minar

Leave a Comment