suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Artis Jebolan Kontes Dangdut Jadi Tersangka Perdangan Orang

SPcom NTB – Polda Nusa Tenggara Barat berhasil menangkap tiga orang yang terlibat dalam kasus perdagangan orang. Satu di antaranya merupakan peserta Kontes Dangdut Indonesia (KDI) asal Lombok Timur bernama AS.

AS bertindak sebagai sponsor yang menjanjikan korban bisa bekerja di Australia. Selain AS, ada juga dua perempuan yang dikenal dengan inisial MS dan HW.

“AS berperan sebagai penampung dan sponsor untuk pengiriman pekerja di negara Australia,” kata Dirreskrimum Polda NTB, Kombes Syarif Hidayat, Rabu (8/5).

MS dan HW berperan sebagai perekrut calon pekerja yang diiming-imingkan bekerja di luar negeri.

“Para korban dijanjikan bekerja Australia, tapi ternyata hanya dibawa ke Jakarta,” ujar Syarif.

Sebenarnya, para korban tersebut hanya dibawa ke Jakarta setelah memberi uang kepada para tersangka.

Total keuntungan yang didapat oleh para pelaku mencapai Rp 390 juta. Barang bukti yang berhasil diamankan berupa uang tunai, tiket pesawat, visa, dan bukti penyerahan uang dari korban kepada tersangka.

“Kami juga amankan uang tunai Rp 410 juta dan dua buah visa yang dikeluarkan oleh Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia,” jelas Syarif.

Para pelaku dikenakan pasal tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman hukuman penjara selama 15 tahun dan denda paling sedikit Rp 120 juta, paling banyak Rp 600 juga. (SP)

Related posts

Geger, Petani Ditemukan Tewas Tanpa Kepala

Ester Minar

Viral, Bangunan Kosong yang Diduga Jadi Tempat Santet Digerebek

Ester Minar

Pemkab BU Audit Kasus Stunting Untuk Penguatan Deteksi Dini

redaksi

Leave a Comment