suryapagi.com
NEWSRAGAM

Disebut Hina Bahasa Isyarat, Stand Up Comedy Gerallio Dilaporkan Ke Polisi

SPcom JAKARTA – Komika atau Stand Up Comedy Gerallio dilaporkan oleh komunitas tuli ke Polres Metro Jakarta Selatan atas dasar dugaan pencemaran nama baik. Pasalnya, ia membuat konten yang dianggap menghina bahasa isyarat.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Rahmat Idnal membenarkan laporan terhadap Gerallio, dengan nomor LP/B/1346/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan/Polda Metro Jaya, Jumat, 10 Mei 2024.

“LP 2 hari lalu, Jumat 10 Mei 2024,” kata Ade Rahmat saat dikonfirmasi Senin (13/5/2024).

Laporan dilayangkan oleh MAP, dengan korban komunitas tuli @idhola dan terlapor akun Instagram @gerallio yang diduga milik komika Gerallio.

“Persangkaan pasal yang dilaporkan pencemaran nama baik pasal 310 KUHP dan atau pasal 157 (1) jo pasal 27 ayat 1 dan 2 UU ITE dan atau pasal 7 jo pasal 144 UU No 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas,” jelas Ade Rahmat.

Ade Rahmat menjelaskan, kronologi dugaan pencemaran nama baik itu berwal Ketika video yang diunggah akun Instagram @gerallio berlokasi di Kompleks DKI Blok O Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Akibat unggahan konten prank Gerallio yang menirukan gerakan serupa bahasa isyarat yang tidak ada artinya, sontak menuai reaksi, khususnya dari PA selaku pelapor.

PA pun meminta komika itu untuk meminta maaf. Namun hal itu tidak diindahkan dan malah dianggap tidak penting oleh Gerallio.

“Lebih ke gak penting,” tulis komika Gerallio.

Atas sikap itulah, korban melayangkan laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk nantinya diselidiki.

“Guys, ini gak lucu ya. udah 2024 masa masih bikin jokes kaya gini? bawa-bawa Bahasa Isyarat untuk dijadikan jokes,” tulis akun X @pikiping.

“Komunitas Tuli sudah melapor ke kepolisian dan sedang diproses hukum ttg ini ‘pelecehan bahasa isyarat’ bukannya minta maaf malah blg ‘gak penting’-gerallio,” lanjut akun tersebut. (SP)

Related posts

Inilah Golongan Penerima Daging Kurban Idul Adha yang Paling Berhak

Ester Minar

Tak Transparan Terkait Calon Pj Bupati, Ketua Golkar Terhadap DPRD: Saya Sangat Kecewa!

Ester Minar

Viral, Pria Kejar Tukang Pangkas Rambut Bawa Celurit Lantaran Tak Puas

Ester Minar

Leave a Comment