suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Kemensos Gelar Isbat Nikah Lansia, 100 Pasutri Lansia Daftar

SPcom ACEH UTARA – Dalam rangka salah satu bentuk pelayanan menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024, Kementerian Sosial menggelar isbat nikah bagi lansia. Terdapat 100 pasangan suami istri (pasutri) lansia ikut mendaftar di wilayah Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

“Alhamdulillah isbat nikah telah terlaksana di Kecamatan Dewantara itu kurang lebih ada 100 orang untuk terverifikasi dan selanjutnya melaksanakan isbat nikah di Kantor Bupati,” kata Sekretaris Kecamatan Dewantara, Muhammad Nurkhazi, Senin (27/5/2024).

Nurkhazi menjelaskan sejumlah syarat sebelum pasutri lansia itu terpilih mengikuti isbat nikah yang digelar Kemensos. Para pasutri lansia itu awalnya diverifikasi secara pemberkasan.

“Jadi bagi para lansia yang telah terverifikasi diundang di kantor camat diperiksa berkas setelah diverifikasi ada beberapa lansia yang tidak sesuai. Jadi setelah diverifikasi tindak lanjutnya di kabupaten,” katanya.

Dia mengatakan 100 pasutri tersebut merupakan lansia yang telah lama menikah. Mereka sebelumnya hanya menikah secara agama tanpa pencatatan di administrasi negara.

“Kendalanya tidak ada buku nikah karena orang dulu kan cuman nikah agama,” ujar Nurkhazi.

Nurkhazi juga menjelaskan alasan Kecamatan Dewantara menyumbang banyak lansia yang ikut serta dalam kegiatan isbat nikah dari Kemensos. Dia mengaku jumlah warga di Kecamatan Dewantara tidak sebanding dengan keberadaan perangkat desa.

“Jadi Kecamatan Dewantara ini hampir sama kaya Kecamatan Lhoksukon itu dia punya 70 desa. Sedangkan di Dewantara cuman punya 15 desa. Jumlah penduduknya sama tapi desanya sedikit. Jadi di Dewantara ini satu desa bisa sama kaya satu kecamatan di tempat lain,” tuturnya.

Lebih lanjut Nurkhazi menyampaikan terima kasih kepada Kemensos yang telah menggelar isbat nikah di Aceh Utara. Dia mengatakan kegiatan itu membantu aparatur desa setempat dalam melakukan pendataan pernikahan kepada warganya.

“Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan isbat nikah kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena hal-hal tersebut dari pihak kecamatan agak susah untuk mengakomodir,” ucapnya.

Sejumlah pelayanan kepada lansia memang digelar Kemensos menyambut puncak HLUN 2024 pada Rabu (29/5) mendatang. Selain modal usaha kepada lansia, Kemensos juga memberikan fasilitas kesehatan dan bantuan pendirian rumah layak huni kepada lansia.

Untuk diketahui, HLUN 2024 mengambil tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat. Puncak HLUN tahun ini akan digelar di Kabupaten Aceh Utara. (SP)

Related posts

Habib Bahar Smith Dikabarkan Tertembak Orang Tak Dikenal

Ester Minar

Otonomi Daerah Dinilai Belum Sejahterakan Rakyat, DPD RI Gelar Uji Publik

Sandi

Seorang Wanita Ditangkap Karena Jual Teman di Aplikasi Perkenalan

Ester Minar

Leave a Comment