suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Batu Gajah Merapi, Batu Besar yang Berselimut Misteri

Batu Gajah konon dipercaya masyarakat mempunyai kekuatan magis, lantaran dihuni beragam mahkuk tak kasat mata. Benarkah?.

SPcom JAKARTA – Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu masih menyisakan cerita. Salah satunya terkait hal-hal mistis yang memayungi keberadaan Batu Gajah, yaitu batu berukuran raksasa  yang beratnya berton-ton dan keluar dari perut Merapi. Konon, batu yang terbang dan akhirnya bersandar di tepi sungai Gendol itu, sarat dengan penghuni dari dunia lain, sehingga tidak bisa dipindahkan dari lokasi.

Erupsi Merapi pada oktober 2010 lalu, memang terjadi begitu dahsyat. Bagaimana tidak, selain memuntahkan beribu-ribu ton lahar panas dan lahar dingin, erupsi juga membuat jutaan meter kubik batu-batuan melayang dan seolah dimuntahkan dari perut gunung. Akibatnya,  desa-desa yang ada di sekitar Gunung Merapi luluh lantah, dan ratusan warga meregang nyawa.

Salah satu bukti kedahsyatan erupsi Gunung Merapi adalah, terlontarnya sebuah batu raksasa atau Batu Gajah  berdiameter 3 meter, ke tepi Sungai Gendol, Desa Bronggang, Sleman, Yogyakarta. Dalam perkembangannya, Batu Gajah ini konon dipercaya masyarakat mempunyai kekuatan  magis, lantaran dihuni beragam mahkuk tak kasat mata. Benarkah?.

Kabar Batu Gajah memiliki kekuatan magis kian nyaring terdengar, saat upaya  memindahkan batu raksasa tersebut dari tengah jalan di Desa Bronggang ke arah Sungai Gendol, ternyata tak pernah membuahkan hasil. Ya, batu tak bisa dipindahkan sekalipun menggunakan alat berat.

Konon, alat-alat berat yang digunakan justru rusak. Skibatnya alih-alih bisa dipindahkan, Batu gajah yang berwarna keabu-abuan itu,  hingga kini justru kokoh berdiri di tengah jalan,  dan menjadi salah satu monumen erupsi Gunung Merapi yang paling terkenal.

Kekokohan batu ini kabarnya juga sempat membuat  salah seorang sesepuh warga, mencoba berkomunikasi dengan penunggu Batu Gajah. Hasilnya, sang penunggu minta untuk tidak diusik, dan berjanji akan memindahkan batu raksasa  itu jika saatnya telah tiba.

Seiring dengan kabar kesaktian Batu Gajah, akhirnya banyak warga, khususnya para pengemudi kendaraan, yang jika melewati Jalan Desa Bronggang, memilih permisi kepada sang penunggu. Ya, selain membunyikan klakson, banyak pengemudi yang permisi dengan jalan melemparkan koin ke sisi batu tersebut. (SP)

Related posts

Pinkan Mambo ‘Presiden Akal Tak Sehat’

Ester Minar

Pengusaha Nasional Sekaligus Mertua Dian Satro, Adiguna Sutowo Meninggal Dunia

Ester Minar

Dituding Tagih Bayaran Jasa Wo, Elma Theana Marah Besar Pada Ferry Irawan

Ester Minar

Leave a Comment