suryapagi.com
NASIONALNEWS

Indonesia Jadi ‘Tuan Rumah’ Pertemuan Kerja Sama Pembangunan Internasional

SPcom JAKARTA – Indonesia dipercaya menggelar dua pertemuan penting tingkat dunia di bidang kerja sama pembangunan internasional. Adapun kedua pertemuan tersebut ialah Emerging Development Partners (EDP) dan Development Leaders Conference (DLC) Tahun 2024 yang digelar di Bali pada 11-13 Juni 2024.

Direktur Utama Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) Tormarbulang Lumbantobing mengungkapkan Pertemuan Emerging Development Partners ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian Luar Negeri bersama LDKPI.

Pertemuan perdana EDP tersebut dipimpin oleh Indonesia dan Turkiye sebagai co-chair, serta diikuti oleh perwakilan negara-negara emerging donors dan organisasi internasional.

“Pertemuan ini merupakan wujud komitmen negara-negara maju dan negara-negara berkembang untuk berkolaborasi dalam kerja sama pembangunan internasional. Tentunya kita perlu menyatukan persepsi untuk mengatasi tantangan bersama, dan menyiapkan agenda kerja sama pembangunan di kancah global,” ungkap Tor Tobing dalam keterangan tertulis, Rabu (12/6/2024).

Ia menekankan Indonesia berkomitmen mendorong kerja sama pembangunan sesama negara berkembang sebagai upaya mencapai agenda pembangunan berkelanjutan atau SDG’s. Agenda tersebut berlandaskan pada prinsip inklusif, demand-driven, solidarity, sustainability, dan saling menguntungkan.

Untuk memperkuat agenda tersebut, dibentuk Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) sebagai single agency yang akan mengelola dana kerja sama pembangunan internasional Indonesia.

“Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki LDKPI atau yang dikenal juga dengan Indonesian AID, yang telah aktif memberikan dukungan kerja sama pembangunan ke berbagai negara sahabat. Untuk itu forum ini sangat penting guna membangun ekosistem negara-negara emerging donors,” jelasnya.

Selain penyelenggaraan EDP, Kementerian Luar Negeri bersama Norwegian Development Agency (NORAD) dan Center for Global Development (CGD) sebagai co-host juga akan melangsungkan Development Leaders Conference (DLC) Tahun 2024 yang diselenggarakan pada 12-13 Juni 2024.

Ia menjelaskan DLC merupakan forum terbatas untuk membahas diskursus kerja sama pembangunan internasional. Forum ini dihadiri perwakilan mitra pembangunan, organisasi internasional, dan non-state actors.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum LDKPI Kementerian Keuangan Vigo Widjanarko selaku wakil ketua penyelenggara konferensi memastikan Indonesia siap menjadi tuan rumah yang baik untuk rangkaian kegiatan EDP dan DLC 2024 ini.

“Kesempatan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk semakin memperkuat posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama pembangunan internasional,” ujar Vigo.

Sebagaimana diketahui, negara-negara berkembang saat ini memiliki peran yang semakin besar dalam kerja sama pembangunan global.

Hal ini dapat dilihat dengan hadirnya mitra-mitra pembangunan baru di berbagai negara yang saling berbagi dukungan dan bantuan kepada sesama negara berkembang dengan kapasitas, keahlian, dan pengalaman tiap-tiap negara untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan negara-negara global south. (SP)

Related posts

Spanduk Raksasa ‘Terima Kasih Pak Anies’ Membentang di Jakarta

Ester Minar

Keji, Pria Banting Keponakan Usia 4 Bulan Hingga Kepala Pecah

Ester Minar

Muhammad Kece Dianiaya Irjen Pol Napoleon di Rutan

Ester Minar

Leave a Comment