suryapagi.com
NEWSRAGAM

Canggih! Google Luncurkan Fitur Anti Jambret untuk Android

SPcom JAKARTA – Sebuah fitur pendeteksi penjambretan di Android untuk Android 15 di Google I/O 2024, mulai diuji. Fitur dengan nama Theft Detection Lock ini mulai dijajal di Brazil, yang dianggap cocok untuk menguji fitur tersebut karena angka penjambretan ponsel yang tinggi. Google mengumumkannya dalam acara tahunan mereka di Brazil.

Tak cuma fitur anti jambret yang diuji di Brazil, melainkan juga sejumlah fitur baru Android lainnya. Misalnya pengguna bisa langsung menghubungi pemilik toko yang mereka temukan di hasil pencarian Google Search menggunakan SMS atau WhatsApp, yang tersimpan di Business Profile mereka.

Selain itu, pemilik restoran juga bisa memindai menu makanan di restorannya menggunakan AI untuk membuat menu versi digital untuk dipajang di laman pencarian.

Sebelumnya diberitakan, Theft Detection Lock cara kerjanya adalah dengan mendeteksi gerakan tidak biasa yang terjadi saat seseorang menjambret ponsel dari tangan pengguna, atau dari meja tempat pengguna menaruh ponselnya.

Saat gerakan tak biasa itu terdeteksi, sistem akan otomatis mengunci layar. Kemudian sistem juga akan mencari tanda-tanda lain yang mengindikasikan kalau ponsel tersebut dicuri dari tangan pemiliknya. Misalnya saat si pencuri mematikan jaringan seluler atau WiFi ponsel tersebut.

Google juga memperkenalkan cara baru untuk mengunci layar ponsel dari jarak jauh, misalnya saat ponsel dipakai oleh orang lain tanpa izin. Yaitu dengan membuka android.com/lock, di mana pengguna bisa memasukkan nomor ponsel dan menjawab pertanyaan keamanan untuk mengunci ponsel.

Meski untuk saat ini baru tersedia untuk Android 15 beta, fitur-fitur tersebut nantinya akan dihadirkan lewat pembaruan Google Play Services untuk semua ponsel yang menjalankan OS Android 10 ke atas. (SP)

Related posts

Viral! Percakapan Telepon Antara Surya Paloh dan Anies Baswedan Tersebar, NasDem Angkat Bicara

Ester Minar

Atlet Pelatnas Cabor Menembak Uji Fisik di Lapangan Gagak Hitam Yon Arhanud 10

Sandi

Viral, Diduga Alami Gangguan Jiwa, Guru Ceramah Berjam-jam Membuat Murid Hampir Pingsan

Ester Minar

Leave a Comment