suryapagi.com
NEWS

Indonesia Beri Bantuan Peralatan Medis Senilai Rp 2,88 Miliar untuk Pemulihan Covid di Fiji

SPcom JAKARTA – Pemerintah Indonesia memberi bantuan peralatan medis senilai Rp 2,88 M m secara resmi oleh Kementerian Kesehatan dan Pelayanan Medis Fiji. Bantuan ini diberikan melalui program Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau dikenal sebagai Indonesian AID sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan pascapandemi COVID-19 di Fiji.

“Bantuan yang kita kirimkan antara lain berupa tempat tidur rumah sakit elektrik, kursi roda elektrik, meja pemeriksaan, troli obat, dan troli darurat. Alat-alat kesehatan tersebut merupakan produksi BUMN Farmasi Indonesia,” ungkap Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing, Jumat (14/6/2024).

Ia mengungkapkan penggunaan produk-produk dalam negeri dalam hibah ini dapat menjadi sarana promosi yang baik bagi produk industri Tanah Air di kancah global.

Dalam acara serah terima bantuan yang berlangsung di kantor pusat The Fiji Pharmaceutical and Biomedical Services di Vatuwaqa, Menteri Kesehatan dan Pelayanan Medis Fiji Dr. Atonio Lalabalavu menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Indonesia atas dukungan yang diberikan.

“Pemerintah Indonesia terus mendukung Fiji, khususnya bagi Kementerian Kesehatan dan Layanan Medis. Hal itu sangat berarti bagi kami dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dan hari ini merupakan bukti lain bagaimana dukungan dari Indonesia yang berkelanjutan,” kata Dr Lalabalavu.

Lebih lanjut, ia menyebut peralatan tersebut sangatlah dibutuhkan dan akan membantu meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan khususnya di Divisi Utara Fiji.

Menurutnya, bantuan ini juga berkontribusi pada visi kementerian untuk mencapai populasi yang sehat. Terlebih akan membantu mempercepat proses pemulihan pasca pandemi Fiji yang berlangsung dalam dua tahun terakhir.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Fiji Dupito D. Simamora menekankan komitmen Indonesia untuk terus mendukung bidang pembangunan prioritas Fiji, khususnya sektor kesehatan.

Ia mencatat inisiatif ini sejalan dengan upaya global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG3 yang bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan yang baik. (SP)

Related posts

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Buka Suara Terkait Penolakan Pembangunan Gereja

Ester Minar

Presiden Jokowi Resmi Lantik Thomas Djiwandono Jadi Wakil Menteri Keuangan

Ester Minar

Jawa Tengah Menyiapkan Skenario Arus Mudik Karena Diprediksi Akan Ada 4,6 Juta Orang Nekat Mudik

Ester Minar

Leave a Comment