suryapagi.com
EKBISEKONOMI

Harga BBM Non Subsidi Bakal Naik di Juli 2024, Ini Jawaban Menteri ESDM

Seperti diketahui, harga BBM non subsidi diperkenankan untuk dilakukan penyesuaian setiap tanggal 1 di setiap bulannya

SPcom JAKARTA – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi diperkirakan bakal naik pada Juli 2024 mendatang. Hal ini tak terlepas dari tren harga minyak lebih tinggi, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), serta semakin turunnya produksi minyak mentah di dalam negeri.

Terlebih, sebelumnya pemerintah menyebut akan menahan harga BBM, termasuk non subsidi, hanya sampai Juni 2024. Nah, apakah artinya pada Juli 2024 ini pemerintah akan melakukan penyesuaian harga seperti sedia kala?.

Seperti diketahui, harga BBM non subsidi diperkenankan untuk dilakukan penyesuaian setiap tanggal 1 di setiap bulannya. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut, pihaknya belum berencana melakukan penyesuaian terhadap harga BBM, khususnya BBM non subsidi, seperti Pertamax dan lainnya.

Menurut Arifin, untuk melakukan penyesuaian harga, maka pemerintah harus menggelar rapat terlebih dahulu. Sementara rapat yang membahas mengenai penyesuaian harga BBM non subsidi belum dilakukan. “Belum ada rapat (antarkementerian/lembaga), belom ada apa-apa. Nggak ada arahan. Tunggu rapat,” ungkap Arifin singkat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (24/6).

Di kesempatan yang berbeda di Istana Kepresidenan, Jakarta, Arifin juga menyebut pihaknya masih menantikan rapat koordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati perihal subsidi dan harga BBM ini. “Tanya Bu Sri Mulyani tuh, saya kan tiap saat siap. Tanya beliau (Sri Mulyani) kapan mau ngumpulnya,” ujarnya, seperti dikutip dari cnbc Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini pemerintah masih menahan harga energi, seperti BBM, hingga Juni. Sekalipun harga minyak mentah dunia mengalami tekanan adanya peningkatan tensi konflik di Timur Tengah. “Sejauh ini belum ada perubahan (evaluasi subsidi energi Juni),” kata Sri Mulyani saat ditanya wartawan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (28/5).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengungkapkan pihaknya juga belum bisa memastikan perubahan harga BBM bulan Juni 2024 mendatang. Yang jelas, saat ini pihaknya masih terus memantau harga pasar. “Kami masih memantau harga pasar karena ini kan belum final,” ujar Riva saat ditemui di SPBE wilayah Koja, Jakarta Utara, Rabu (29/5). (SP)

Related posts

Kenaikan Kasus Covid-19 Dunia, Rupiah Kembali Melemah

Ester Minar

Perajin Tempe di Tangsel Berharap Perhatian Lebih Pemkot

Sandi

LPNU DKI Gelar Halal Bihalal UMKM EXPO 2023

Sandi

Leave a Comment