suryapagi.com
NEWS

Dirjen Aptika Kominfo Mundur Dari Jabatan Usai Serangan Ransomware PDN

SPcom JAKARTA – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Pangerapan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kominfo, pada Kamis (4/7/2024).

Pria yang akrab disapa Semmy itu mengatakan insiden serangan ransomware di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya menjadi alasan pengunduran dirinya.

“Ini merupakan tanggung jawab moral saya, karena secara teknis, masalah PDN ini seharusnya bisa saya tangani dengan baik,” ujar Semmy.

Terkait ransomware di PDN tersebut, Semuel juga mengatakan saat ini Kominfo dan pihak terkait lainnya sedang melakukan proses pemulihan secara berkala, hingga PDN yang terkena ransomware pulih total.

Ia juga menyebutkan bahwa Kominfo sudah mencoba kunci dekripsi gratis yang diberikan peretas PDN. Namun, saat ini ia belum bisa memastikan apakah PDN bisa pulih segera atau tidak.

“Semalam kami mencoba kunci tersebut, dan berfungsi. Tapi, data-data yang dikunci itu banyak, jadi saya masih belum tahu itu prosesnya bagaimana,” tambah Semmy.

Semmy mengumumkan pengunduran dirinya setelah delapan tahun mengabdi di Kemenkominfo.

“Setelah delapan tahun di Kominfo, saya rasa ini waktunya untuk berpisah. Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan kepada bapak Menteri,” kata Semmy.

“Surat pengunduran diri juga sudah saya kirimkan di hari yang sama dan sudah saya serahkan ke bapak Menteri,” imbuhnya. (SP)

Related posts

Lansia Diterkam Buaya Saat Bersihkan Tambak

Ester Minar

Geger! Anggota Polda Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Ester Minar

3 Sahabat Nekat Curi Motor, Satu Pelaku Tewas Bersimbah Darah

Ester Minar

Leave a Comment