suryapagi.com
NASIONALNEWS

Kodam Bukit Barisan Bantah Anggota TNI Terlibat Kebakaran Tewaskan Wartawan di Sumut

Lantaran tidak adanya keterlibatan anggota TNI, Kodam I/Bukit Barisan menyerahkan penyelidikan peristiwa itu kepada aparat kepolisian

SPcom JAKARTA – Kodam I/Bukit Barisan membantah dugaan yang menyebut keterlibatan anggota TNI dalam kebakaran rumah milik Sempurna Pasaribu, wartawan media tribrata tv di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. “Sudah kita cek, isu itu tidak benar,” kata Kapendam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, seperti dilansir cnnindonesia.com, Minggu (7/7).

   Ia mengatakan lantaran tidak adanya keterlibatan anggota TNI, Kodam menyerahkan penyelidikan peristiwa itu kepada aparat kepolisian. Sebelumnya, dalam insiden kebakaran itu, empat orang tewas terbakar yakni Sempurna Pasaribu (40), istrinya Eprida Br Ginting (48), anaknya Sudiinveseti Pasaribu (12) dan cucunya bernama Lowi Situngkir (3).

Berdasar rilis yang dikeluarkan Dewan Pers, Tim pencari fakta dari Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumut yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, disebut telah melakukan verifikasi dan pendalaman kasus kebakaran tersebut.

Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta, bahwa kasus kebakaran yang menewaskan 4 orang itu terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara dan diduga kuat melibatkan oknum TNI.

“Dewan Pers meminta Panglima TNI dan Pangdam membentuk tim untuk mengusut kasus ini secara terbuka dan imparsial,” dikutip dari rilis Dewan Pers. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi mengatakan Polda Sumut bersama Polres Tanah Karo mendirikan posko pengaduan untuk mengungkap penyebab kebakaran.

“Posko pengaduan ini dibuat dengan tujuan untuk menerima laporan dari masyarakat yang merasa mengetahui ataupun memiliki bukti-bukti baru dalam peristiwa kebakaran tersebut. Silahkan masyarakat memberikan informasi apapun terkait peristiwa kebakaran itu, bahkan keluarga korban menyerahkan proses penanganan kepada Polisi, polisi minta semua tidak berspekulasi, polisi bekerja dengan berbagai pendekatan ilmiah,” kata Hadi beberapa waktu lalu. (SP)

Related posts

Kesal Disebut Lelaki Tak Berguna, Suami Gorok Leher Istri Dengan Cutter Hingga Tewas

Ester Minar

Bocah 5 Tahun Belanja Online COD Dengan Total Pembayaran Rp.16 Juta

Ester Minar

Akhirnya, Ibu Hamil Sudah Bisa Divaksin

Ester Minar

Leave a Comment