suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Misteri Situ Tunggilis Cileungsi, dari Ikan Siluman hingga Jin Jangkung

Pemandangan gaib acap dilihat para pemancing yang tengah melakukan aktivitasnya., khususnya saat menjelang maghrib

SPcom JAKARTA – Situ Tunggilis yang berada di Jalan Raya Transyogi, Desa Setu Sari, Cileungsi , Kabupaten Bogor, konon menyimpan banyak kisah misteri. Yaa, danau seluas 35,5 hektare yang kerap disinggahi pemancing itu, diyakini ada penunggunya. Pasalnya, banyak kejadian di luar nalar di Situ Tunggilis, yang di dalamnya banyak ikan seperti Betok, Nila, hingga Mujaer.

Konon, ada penampakan sesosok laki-laki berbadan tinggi dengan penampilan serba putih di pinggir situ. Ada juga yang mengatakan terdapat siluman ikan. Pemandangan gaib itu dilihat para pemancing yang tengah melakukan aktivitasnya., khususnya saat menjelang maghrib.


Awalnya, pemancing tidak memiliki pikiran negatif dan justru ingin menghampiri sosok tersebut. Namun, tak lama kemudian sosok tersebut menghilang secara misterius. Kisah mistis lain yang tak kalah populer adalah ketika ada seorang pemancing yang mendapatkan binatang terperangkap di jalanya.

Binatang itu berukuran sangat besar hampir setara jok motor. Tak kuat mengangkatnya ke darat, si pemancing gagal melihat secara jelas binatang tersebut lantaran sudah keburu lepas dari jaringnya. Karena banyak kisah mistis dan dipercaya Situ keramat di Cileungsi, warga mengimbau para pemancing maupun pengunjung Situ Tunggilis,a gar senantiasa menjaga sikap dan tidak bertutur kata sembarangan. Jika dilanggar, maka tidak ada hasil tangkapan ikan.

Sopyan salah satunya. Penangkap ikan itu sudah sering berinteraksi dengan pengghuni Situ Tunggilis. “Ada sosok kakek tinggi besar. Sudah banyak yang sering lihat. Termasuk saya. Tapi ketika hendak dihampiri sosok tersebut menghilang,” kisah Sopyan.

Tidak hanya itu, Sopiyan menuturkan, pernah ada rekannya sesama pencari ikan di Situ Tunggilis menjaring ikan siluman. m“Pernah ada pencari ikan yang menggunakan jala, terjaring binatang aneh yang terperangkap dijalanya. binatang tersebut besarnya hampir sama dengan jok motor,” kisahnya. “Namun binatang tersebut terlepas karena si pencari ikan tidak kuat mengangkatnya,” tutur dia.

Setali tiga uang dengan Sopyan, Dadang, pemancing lainnya yang juga acap mencari ikan lainya di Situ Tunggilis, membenarkan cerita rekannya itu.  Menurutnya, bukan rahasia Umum, Situ Tunggilis adalah situ keramat. Selain memberikan berkat kepada warga sekitar dengan tangkapan ikan yang melimpah.

Namun, Dadang menuturkan, jika memancing di Situ Tunggilis harus bersikap sopan dan tidak takabur. “Asalkan sopan pasti mendapatkan ikan, anehnya jika orang tidak sopan bertutur kata kotor maka tidak mendapatkan hasil ikan,” tukasnya. (SP)

Related posts

Dirawat di Rumah Sakit, Ada Apa Dengan Ayah Rozak?

Ester Minar

DPR Dukung Green Manajemen KSAD Dudung Demi Soliditas TNI-Polri

Ester Minar

Ardhito Pramono: Im Back…!

Ester Minar

Leave a Comment