suryapagi.com
HEADLINENEWS

Viral! Sejumlah Nama Program Pemerintah yang Kontroversial, Si Pepek Hingga Siska Ku Intip

SPcom JAKARTA – Sejumlah aplikasi buatan pemerintah daerah yang memiliki nama-nama tidak lazim dan membuat orang menggelengkan kepala, menjadi perhatian publik.

Berdasarkan informasi yang beredar, dari total 27 ribu aplikasi yang telah dikembangkan oleh pemerintah daerah, hanya sekitar 30 persennya yang benar-benar berfungsi dengan baik dan mampu memberikan pelayanan publik secara efektif.

Dikutip dari Instagram @fakta.indo, Senin 8 Juli 2024, beberapa nama aplikasi yang tercantum dalam daftar tersebut dinilai tidak pantas dan mengundang candaan, meskipun pada dasarnya mereka ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan sejumlah aplikasi juga sangat besar.

Presiden Jokowi menyebut bahwa ada salah satu instansi yang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun hanya untuk pengembangan aplikasi baru.

“Dalam pemeriksaan kami kemarin, ada yang mengalokasikan dana hingga Rp 6,2 triliun untuk membuat aplikasi baru. Hanya di satu kementerian saja, terdapat lebih dari 500 aplikasi. Bayangkan,” ungkap Jokowi.

Maka dari itu, Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar pemerintah pusat dan daerah menghentikan pembuatan aplikasi baru.

Berikut ini Belasan aplikasi pemerintah daerah di Indonesia dengan nama nyeleneh, seperti dikutip dari Insragram @fakta.indo:

  1. Si Pepek
    Sistem Pelayanan Program Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Kesehatan ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Cirebon. Namun dalam bahasa daerah bisa berarti kemaluan perempuan.
  2. SitHole
    Sistem Informasi Konsultasi Hukum Online Pengadilan Negeri Semarang ini dibuat oleh pemerintah Kota Semarang. Namun dalam bahasa Inggris bisa berarti anus.
  3. Siska Ku Intip
    Sistem Integrasi Kelapa Sawit-Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma ini dibuat oleh pemerintah Kalimantan Selatan.
  4. Si Montok
    SIstem Monitoring Stok dan Kebutuhan Pangan Pokok ini dibuat oleh pemerintah Kota Surakarta.
  5. Si Semok
    SIstem Informasi Organisasi Kemasyarakatan ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Pemalang.
  6. SI Cantik
    SIstem Informasi Kehadiran dan Kinerja ini dibuat oleh pemerintah Kota Bogor.
  7. Si Ganteng
    Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa tengah ini dibuat oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
  8. Si Pedo
    SIstem Pelatihan Berbasis Database Online ini dibuat oleh pemerintah kabupaten Sumedang.
  9. Mas Dedi Memang Jantan
    Program Masyarakat Berdedikasi Memperhatikan Angkatan Kerja Rentan ini dibat oleh Pemerintah Kota Tegal dan BPJS Ketenagakerjaan.
  10. i-Pubers
    Aplkasi Menebus Pupuk ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Demak.
  11. Jebol Ya Mas
    Program Inovasi Puskesmas Anggut Atas ini dibuat oleh pemerintah Kota Bengkulu. (SP)

Related posts

Ludes Terbakar, Toko Ban dan Velg Alami Kerugian Ratusan Juta

Ester Minar

Palsukan Ratusan SIM, KTP, Ijazah, dan Buku Nikah Hingga Raup Ratusan Juta, Dua Pria Ditangkap

Ester Minar

Kendalikan Hujan, BMKG Siapkan 16 Ton Garam

Ester Minar

Leave a Comment