suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Viral! Orang Tua Siswa Demo Lantaran Sudah ‘Bayar’ Tapi Tak Lolos SMP Negeri, Polisi Turun Tangan

SPcom BOGOR – Sejumlah orang tua siswa menyambangi SMP Negeri 3 Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mereka protes sebab anaknya tidak lolos PPDB (penerimaan peserta didik baru). Hal itu viral di media sosial. Orang tua tersebut mengaku sudah bayar kepada salah satu oknum agar anaknya dapat lolos. Mereka membayar sejumlah jutaan rupiah.

Orang tua kemudian mendatangi sekolah untuk mempertanyakan hal itu. Pihak sekolah dengan orang tua tampak adu mulut.

Akibat kejadian tersebut, Kapolsek Citeureup Kompol Victor Hamonangan mengatakan, peristiwa itu terjadi pada hari Rabu (10/7/2024) kemarin, pada saat daftar ulang peserta didik. Ia menjelaskan duduk perkaranya.

“Berita viral tersebut pada saat di SMPN 3 Citeureup sedang dilaksanakan daftar ulang peserta didik tiba-tiba jam 09.00 WIB datang perwakilan 59 orang tua peserta didik yang didiskualifikasi oleh sekolah. Ada sekitar 15 orang tua perwakilan dengan alasan zonasinya tidak sesuai dengan Alamat KK ( Kartu Keluarga),” kata Victor.

Sebanyak 59 orang itu dinyatakan diterima melalui aplikasi. Tetapi saat verifikasi data, oleh panitia dinyatakan tak sesuai koordinat alamat KTP dan KK. Ia mengatakan ada dugaan pungutan liar (pungli) di sana.

“Adanya dugaan pungli untuk bisa lolos diterima dengan memberikan sejumlah uang kepada oknum sekolah. Menurut beberapa orang yang ingin masuk SMPN 3, mereka memberikan uang sebesar Rp 2,5-3 juta,” ucapnya.

Tujuan para orang tua datang ke sekolah yakni mempertanyakan alasan anaknya tak lolos PPDB. Sore harinya, diadakan pertemuan dengan pihak sekolah dan pihak pemerintah.

“Hasil musyawarah yaitu peserta didik sebnyak 59 orang tetap tidak diterima oleh pihak sekolah,” pungkasnya. (SP)

Related posts

Anggaran Dispora BU 2023, Sekdis: Saya Belum Tahu Detail

Sandi

Polda Metro Kerahkan 2.348 Personel untuk Amankan Piala Dunia U-17 

Ester Minar

Jokowi Jadi Yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Sandi

Leave a Comment