suryapagi.com
NEWS

Heboh! Tornado Muncul di Bromo, TNBTS Buka Suara

SPcom JAKARTA – Sebuah video menunjukkan pusaran angin di lautan pasir Bromo viral di media sosial. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menjelaskan fenomena itu bukan tornado, melainkan ‘dust devil’.

Dalam video viral tampak pusaran angin berada di tengah-tengah lautan pasir Bromo. Pusaran angin itu menerbangkan sampah yang ada di sekitar gurun Bromo.

Dalam video pun juga terdengar percakapan pedagang yang takut barang-barangnya ikut diterbangkan angin. Meski begitu, beberapa orang tetap mengabadikan fenomena itu melalui kamera ponselnya.

Kepala BB TNBTS Septi Eka Wardhani menjelaskan fenomena dusk devil yang terjadi di kawasan lautan pasir Bromo dan sekitar merupakan hal biasa, terutama saat musim panas dan kering.

“Fenomena ini dikenal dengan nama ‘dust devil’. Secara visual tampak seperti pusaran angin mirip seperti tornado yang membawa debu dan pasir, namun dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari tornado,” kata Septi dilansir Antara.

Fenomena ini pada umumnya terjadi di daerah yang memiliki lapisan pasir dan debu seperti daerah gurun atau padang pasir. Dust devil pada umumnya tidak dianggap berbahaya karena kecepatan angin lebih rendah daripada tornado.

“Namun, apabila berada terlalu dekat dengan dust devil, debu dan pasir yang terangkat oleh angin akan sangat mengganggu,” katanya.

Meski tidak berbahaya, pihak TNBTS menyarankan agar pengunjung untuk menghindari atau menjauh jika melihatnya. Dia meminta pengunjung melindungi mata dan saluran pernapasan jika berada di dekat dust devil.

“Namun, jika terlanjur berada sangat dekat dengan pusaran angin tersebut, disarankan untuk diam sejenak sambil menutup mata dan melindungi hidung atau saluran pernapasan hingga pusaran angin hilang,”ujarnya. (SP)

Related posts

Polisi Bongkar Jaringan Narkoba Internasional, 110 KG Sabu Berhasil Disita

Sandi

Viral! Cawapres Gibran Bagi-bagi Amplop, Bawaslu Buka Suara

Ester Minar

Dekan FKUI Tolak Intimidasi ke Mahasiswa PPDS Dalam Muscab IDI Jakpus

redaksi

Leave a Comment