suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Heboh! Warga Ngamuk Buang Sampah Satu Truk ke Kantor Bupati

SPcom SINTANG – Warga yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Sampah Kabupaten Sintang melakukan aksi pembuangan sampah di Kantor Bupati Sintang dan Kantor DPRD Sintang pada Selasa (23/7). Aksi tersebut dilakukan lantaran warga kecewa dengan penanganan sampah yang dilakukan Pemkab Sintang.

Sampah yang berada di beberapa titik di Kota Sintang tidak kunjung diangkut oleh pihak terkait. Koordinator aksi, Laurensius Anong mengatakan, dirinya sudah memberi tahu pemerintah daerah dan meminta agar sampah yang berada di depan rumahnya segera diangkut. Namun, permintaan tersebut tidak kunjung direspons.

“Di mana-mana jika kita lihat di beberapa lokasi di Kota Sintang sampah sudah menumpuk, dan sama sekali belum ada solusi dari pemerintah,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia menuturkan aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes masyarakat kepada pemerintah daerah, agar sampah yang ada di Kota Sintang segera ditangani dengan cepat.

“Jadi diharapkan masalah ini bisa ditangani oleh Pemkab Sintang. Mana kala masalah ini tidak bisa ditangani, maka kami akan lebih banyak lagi membuang sampahnya ke sini. Biar di sini (Kantor Bupati dan DPRD) menjadi menjadi TPA (tempat pembuangan akhir) juga. Biar mereka juga tahu, bau tidak nyaman dari sampah tersebut,” ucapnya.

Koordinator lainnya, Marsianus menambahkan, pemerintah daerah terkesan lempar tanggung jawab, dan menuding masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

“Padahal, faktanya sejak tahun 2021, TPS-TPS (tempat pembuangan sementara) yang ada ditutup warga karena tidak diurus. Akibatnya sampah ditumpuk di mana-mana, pencemaran di mana-mana. Jadi, warga sekitar dan pemilik tanah menutup TPS, sehingga muncullah tempat pembuangan yang tidak semestinya dan tidak ada satu pun tindakan yang jelas dari pemerintah untuk menangani sampah,” bebernya.

“Makanya harus dibuat begini dulu. Ini pun kita tidak yakin mampu atau tidak pemerintah menangani sampah,” sambungnya.

Sementara itu, usai menemui warga yang melakukan aksi di depan Kantor Bupati Sintang, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan pemerintah akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Sintang.

“Kita sudah merencanakan untuk membeli alat baru untuk Dinas Kebersihan. Yang jelas, kita akan mencari solusi terbaik untuk penanganan sampah di Kabupaten Sintang,” ungkapnya. (SP)

Related posts

Aksi Heroik Penyelamatan 4 Orang dan 7 Anjing Dalam Kebakaran di Surabaya

Sandi

Dua Pencuri Rel Kereta Api Ditangkap

Ester Minar

Seorang Mahasiswa Ditemukan Tergantung di Kamar Kos

Ester Minar

Leave a Comment