suryapagi.com
NEWS

Pemerintah Akan Bagikan 137 Ribu Rice Cooker

SPcom JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melanjutkan kembali program pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker gratis kepada masyarakat sebanyak 157 ribu rumah tangga.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu mengatakan program pembagian rice cooker gratis dilanjutkan setelah pada 2023 lalu realisasi penyaluran dari program ini mencapai 362 rumah tangga. Terutama dari target sebesar 500 ribu rumah tangga.

Adapun untuk merealisasikan pembagian rice cooker gratis kepada 157 ribu rumah tangga tersebut, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 85 miliar.

“Alat masak listrik ini rice cooker akan kita teruskan gak lama lagi sudah review anggarannya untuk 157 ribu, Rp 85 miliar itu akan diteruskan tahun ini,” kata Jisman, Rabu (31/7/2024).

Jisman membeberkan proses pendataan bagi penerima rice cooker gratis ditargetkan rampung pada bulan Oktober. Dengan demikian, program ini dapat segera dijalankan pada tahun ini.

Sebelumnya Jisman membeberkan, dari sisi anggaran, program AML pada 2023 sendiri serapannya mencapai Rp 176 miliar dari total pagu penyediaan AML sebesar Rp 322 miliar.

“Realisasi total anggaran program AML sebesar Rp 176 miliar dari pagu awal Rp 322 miliar, sisanya Rp 146 miliar menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran atau yang disebut dengan SILPA,” kata Jisman dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Senin (25/3/2024).

Menurut Jisman sisa anggaran disebabkan lantaran jumlah pengadaan AML lebih sedikit dibandingkan target. Selain itu, nilai kontrak harga satuan rata-rata AML dan biaya pengiriman lebih rendah dari RAB. (SP)

Related posts

Heboh! Bocah Usia 9 Tahun Bawa Mobil di Jalan, Tabrak Sejumlah Kendaraan

Ester Minar

Viral, Mobil Tabrak Bocah dan 2 Wanita di Carwash

Ester Minar

Pajero Lovers Jabodetabek Gelar Halal Bihalal dan Baksos di Bojong Koneng

Sandi

Leave a Comment