suryapagi.com
NEWS

Heboh! ASN Dikabarkan Tak Mau Pindah Ke IKN Lantaran Takut Disantet

SPcom IKN – Aparatur Sipil Negara (ASN) di kementerian dikabarkan enggan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sebagian dari aparatur negara resah ketika tahu bakal dipindahkan. Ada banyak alasannya, mulai dari skeptis atas iming-iming pemerintah, takut ongkos biaya hidup yang akan lebih mahal, takut jauh dari keluarga, hingga fasilitas yang dinilai belum memadai.

Bahkan, baru-baru ini viral alasan ASN enggan pindah ke IKN karena dinilai wilayahnya masih ‘seperti hutan’, cuaca yang lebih panas, hingga dikaitkan dengan ilmu hitam dan ‘santet’ di wilayah Kalimantan.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya pun buka suara. Menurutnya, hal tersebut hanya persepsi saja. Dia menilai, masyarakat justru harus membangun persepsi yang positif.

Dia mencontohkan Banyuwangi. Daerah yang kerap dikenal sebagai ‘Kota Santet’ itu kini telah memiliki daya tarik wisata yang mendunia.

“Kita belajar ya dari Banyuwangi, terkenal sebagai Kota Santet, tapi nyatanya kan tidak. Ini kan persoalan persepsi. Jadi, kalau persoalan persepsi ya mari kita bangun yang positif,” ujar Nia, Senin, (12/8/2024)

“Dan di sini, perannya siapa? media sangat berperan. Jadi saya mohon bantuan media untuk kemudian kita mengomunikasikan hal-hal positif dari IKN,” lanjutnya.

Nia lantas berharap agar para ASN sesekali diajak berkunjung ke IKN agar persepsi negatif mereka tentang calon ibu kota Indonesia itu bisa terkikis.

Hal tersebut menurutnya bisa menjadi salah satu langkah agar masyarakat, khususnya kalangan ASN menyadari, IKN tak seburuk yang dipikirkan.

“Lain kali mesti kita undang kali ya mereka untuk mengikis persepsi itu. Karena kalau kita ngomongin pariwisata ini tuh bicara persepsi,” katanya.

“Jadi, marilah kita komunikasikan, kita berikan faktanya. Banyuwangi buktinya jadi kota yang seperti itu,” ujar Nia.

Sebagai informasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2029 melalui tiga prioritas.

Untuk pemindahan prioritas 2 dengan melibatkan 91 unit pejabat eselon 1 di 29 kementerian/lembaga, yakni jumlah ASN yang pindah ke IKN sebanyak 6.884 pegawai.

Sedangkan prioritas pemindahan ke-3 melibatkan 378 unit eselon 3 di 50 kementerian/ lembaga, dengan jumlah ASN yang pindah ke ke IKN sebanyak 14.237 orang. Jumlah ASN yang pindah pada masing-masing prioritas ini, di dalamnya termasuk pimpinan instansi, jabatan pimpinan tinggi (JPT) Madya, JPT Pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan pelaksana.

Selain pemindahan ASN, untuk mengisi pegawai di IKN juga telah disiapkan berbagai rancangan, seperti rencana pengisian formasi calon pegawai negeri (CPNS) khusus IKN di tahun ini, kemudian ada kuota khusus putra-putri terbaik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). (SP)

Related posts

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Perpanjang PPKM Hingga 8 Februari

Sandi

Seorang Remaja Laki-Laki Tewas Ditabrak Truk

Ester Minar

Polemik Penyelewengan Dana KemenBUMN, Wasekjen PWI Minta Tokoh Pers ‘Turun Gunung’

redaksi

Leave a Comment