suryapagi.com
HEADLINENEWS

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Terakhir, HUT RI Ke-79

SPcom IKN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang diselenggarakan di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).

Upacara resmi dimulai pada pukul 11.09 WITA atau 10.09 WIB, dengan rangkaian acara yang sudah dimulai sejak pukul 08.15 WITA, menampilkan berbagai hiburan. Tamu undangan mulai memadati halaman Istana Presiden di IKN menjelang dimulainya prosesi.

Pada pukul 10.23 WITA, Kepala Sekretariat Presiden secara simbolis menyerahkan Bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi kepada Paskibraka dan Pengawal Bendera, disaksikan oleh Sekretaris Militer Presiden dan Kepala Staf Komando Daerah Militer VI/Mulawarman.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto tiba di lokasi upacara dan menuju Mimbar Kehormatan pada pukul 10.54 WITA, siap untuk memimpin prosesi pengibaran bendera.

Sebanyak 76 anggota Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswi perwakilan dari 38 provinsi akan mengibarkan bendera Merah Putih.

Upacara ini diprediksi selesai pada pukul 11.37 WITA, dan akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara tambahan, termasuk penayangan video ‘Pengibaran Bendera TNI AD, TNI AL, dan POLRI’, serta demo udara Flypass Pesawat tempur TNI AU.

Dalam upacara ini, akan ada persembahan spesial berupa lagu “Puspa Warni” dan tarian tradisional dari Kalimantan. Meskipun Jokowi dipastikan akan mengenakan pakaian adat, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kustim asal Kalimantan Timur(Kaltim). Tahun lalu, Jokowi memilih mengenakan baju adat Kasunanan Surakarta, yaitu Ageman Songkok Sikepan Ageng.

Upacara kali ini juga merupakan upacara terakhir HUT RI yang dihadiri Jokowi sebagai Presiden Indonesia, setelah menjabat selama 10 tahun terakhir. (SP)

Related posts

Digugat Rp 11 Triliun, Blue Bird Angkat Bicara

Ester Minar

Heboh! Pria Berjaket Ojol Kuntit Wanita Hingga ke Kamar

Ester Minar

Viral! Mobil Dipatwal Terobos Macet, Kakorlantas Angkat Bicara

Ester Minar

Leave a Comment