suryapagi.com
NEWSRAGAM

Viral! Wanita Mengaku Istri Pejabat Selalu Dapat Fasilitas Mewah dari Pengusaha, KPK Turun Tangan

SPcom JAKARTA – Seorang wanita yang mengaku sebagai istri pejabat memuat pengakuan sering menerima fasilitas mewah dari kalangan pengusaha, di akun media sosialnya. Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak KPK mendalami akun media sosial milik istri dari pejabat tersebut.

“ICW mendesak KPK mendalami informasi yang diberikan oleh akun media sosial Jelitajee terkait dugaan gratifikasi sejumlah fasilitas bepergian ke luar negeri, baik tiket maupun penginapan, kepada mertuanya dari sejumlah pengusaha,” kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, Minggu (25/8/2024).

ICW menyebutkan sosok mertua dari wanita pengunggah itu adalah pejabat berinisial A yang saat ini bertugas di Kejaksaan Agung (Kejagung). KPK harus proaktif menelusuri pengakuan yang kini viral di media sosial itu.
Jika terbukti benar, lanjut Kurnia, ada dugaan penerimaan gratifikasi yang bisa dijerat pidana oleh KPK.

“Bila pemberian itu benar dan diketahui tidak pernah dilaporkan kepada KPK, maka dapat dikategorikan sebagai tindak pidana gratifikasi,” katanya.

“Merujuk pada Pasal 12B UU Tipikor, setiap penyelenggara negara dilarang menerima pemberian apapun dari pihak-pihak yang menimbulkan potensi konflik kepentingan, kecuali dalam jangka waktu paling lambat 30 hari telah dilaporkan ke KPK,” sambung Kurnia.

Di hadapan wartawan, ICW juga mengungkap laporan kekayaan dari pejabat A. Terdapat kejanggalan dari harta yang dilaporkan A dalam LHKPN KPK. Sebab, jika dilihat lebih detail, total harta Asri yang dilaporkan ke KPK jumlahnya sama pada tahun 2020 dan 2021, yaitu sebesar Rp 3.495.200.407. Logika sederhananya, bukankah aset mengalami fluktuasi harga setiap tahunnya?

Seperti diketahui, sebuah unggahan di media sosial memuat pengakuan seorang wanita terkait fasilitas mewah yang diterima keluarganya. Fasilitas itu diakui pengunggah berasal dari kalangan pengusaha.

Dalam unggahannya wanita itu mengaku sering mendapatkan layanan dari pengusaha saat bepergian ke luar negeri. Dia juga menyebutkan fasilitas mewah yang diterima keluarganya dari pengusaha merupakan hal lazim.

“Nggak usah jauh-jauh, gue juga jadi banyak tahu dari mertua gue, kita kalau ke luar negeri itu di-cover sama pengusaha-pengusaha yang emang kasih fasilitas tanpa diminta. Disuruh milih mau nginep di mana, naik pesawat apa, nggak pernah ambil pusing,” potongan dari unggahan itu. Ejaan di unggahan viral itu telah disesuaikan.

Hasil penelusuran kemudian terungkap bahwa wanita itu merupakan istri salah seorang pejabat di wilayah Kabupaten Bintan.

“KPK menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menyampaikan informasi awal, terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi. Baik berupa dugaan gratifikasi, dugaan ketidakpatuhan pelaporan LHKPN, atapun modus-modus lainnya,” kata Jubir KPK Tessa Mahardhika Sugiarto.

“KPK akan menindaklanjuti setiap informasi dan masukan dari masyarakat,” imbuhnya. (SP)

Related posts

Polda Metro Bongkar Komplotan Penjual STNK dan Pelat Dinas Polri Palsu

Ester Minar

Geger! Gedung Serbaguna Terbakar Lantaran Bocah Main Petasan

Ester Minar

Sarwendah Idap Kista Di Batang Otak, Ini Curhatan Pilunya

Ester Minar

Leave a Comment