suryapagi.com
NEWSTNI

Kolaborasi Indonesia-Amerika Serikat, Ribuan Personel Militer AS Latihan Super Garuda Shield 2024

SPcom JAKARTA – Latihan bersama Super Garuda Shield, di Surabaya, Jawa Timur, diikuti oleh 2.500 personel tentara Amerika Serikat (AS). Upacara pembukaannya berlangsung pada Senin (26/8/2024), pangkalan militer Indonesia di Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda Surabaya.

Super Garuda Shield merupakan latihan tahunan terbesar antara AS dan Indonesia. Latihan ini awalnya dilakukan sebagai pertukaran informasi dan pelatihan antara AS dan Indonesia pada tahun 2006 dengan nama Garuda Shield.

Sejak tahun 2022, latihan ini telah diperluas dengan melibatkan negara-negara mitra. Tahun ini, personel militer dari Amerika Serikat, Indonesia, Australia, Kanada, Prancis.

Kemudian, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Inggris, dan Selandia Baru turut berpartisipasi. Dua belas negara tambahan hadir menjadi pengamat latihan ini.

Menurut data Kantor Kerja Sama Pertahanan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Super Garuda Shield 2024 melibatkan sekitar 5.500 pasukan gabungan dari semua negara peserta. Sekitar 2.500 di antaranya adalah personel militer AS.

Latihan militer gabungan ini bertujuan untuk memperkuat kemitraan pertahanan AS-Indonesia sesuai dengan Pengaturan Kerja Sama Pertahanan. Dalam mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Sejak 2006, Indonesia telah bermitra dengan Garda Nasional Hawaii sebagai bagian dari Program Kemitraan Negara. Yakni, sebuah prakarsai yang dipimpin AS yang kini mencakup 96 kemitraan di seluruh dunia. (SP)

Related posts

Pria Diciduk Saat Transaksi Uang Palsu di Ekspedisi

Ester Minar

Tukang Ojek Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Jalan

Ester Minar

Direktur TV Swasta dan 2 Anak Buah Ditangkap Lantaran Buat dan Sebar Konten Hoax

Ester Minar

Leave a Comment