suryapagi.com
NEWS

KCI: Pelaku Pelecehan Seksual di KRL Akan Diblacklist!

SPcom JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan pelaku tindak pelecehan seksual akan masuk daftar hitam (blacklist) penumpang kereta rel listrik (KRL). Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal menerangkan dalam pencegahan tindak pelecehan seksual di transportasi publik, KAI Commuter sudah memiliki sistem Analytic Recognition (CCTV Analytic).

“Sistem CCTV ini dapat mengidentifikasi melalui rekaman wajah pelaku tindak pelecehan maupun tindak kriminal lainnya, dan sudah menjadi database pada sistem,” kata Broer Rizal seperti dikutip dari keterangan resmi.

“Dengan sistem ini, memungkinkan pencegahan pelaku tindak pelecehan dan tindak pidana lainnya di Commuter Line,” sambungnya.

Berdasarkan akumulasi data laporan KCI pada 2024, tindak pelecehan seksual yang berhasil ditangkap tangan oleh petugas baik di stasiun ataupun di commuter line sepanjang Januari hingga Agustus sebanyak 30 kasus. Sedangkan laporan masuk melalui media sosial di angka 13 kasus.

Dari angka tersebut, perusahaan berkomitmen akan terus menekan tindak kriminal khususnya tindak pelecehan untuk menciptakan transportasi publik yang aman.

Salah satunya dengan menggelar “Sosialisasi Setop Pelecehan di Transportasi Publik” yang merupakan rangkaian HUT KAI Commuter ke-16 dan dilakukan di area Stasiun BNI City, Senin (2/9) lalu.

Diharapkan dengan kampanye ini, seluruh pengguna Commuter Line dapat lebih peduli dalam pencegahan tindak pelecehan dan berani melapor apabila terdapat kekerasan seksual yang terjadi di transportasi publik, khususnya Commuter Line.

Korban tindak pelecehan juga bisa mengajukan laporannya ke call center 021-121 atau pun media sosial resmi KAI Commuter.

“KAI Commuter siap memberikan dukungan penuh dengan melindungi dan mendampingi korban dalam proses hukumnya,” pungkas Broer Rizal. (SP)

Related posts

Arab Saudi Tangkap Selebgram Asal Indonesia Terkait Penipuan Visa Haji

Rasid

Anies Baswedan Salahkan Kekuasaan Lantaran Gagal Maju Pilkada 2024, Istana Kepresidenan Angkat Bicara

Ester Minar

Viral Polisi Dibentak Debt Collector Saat Tarik Mobil Selebgram

Ester Minar

Leave a Comment