suryapagi.com
REGIONAL

Pemkab Karo Siapkan Rencana Aksi Nasional Berantas Stunting

SPcom KARO – Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting membuka acara Diseminasi I Audit Kasus Stunting Kabupaten Karo Tahun 2024, di Aula Kantor Bupati, Kabanjahe, Rabu (11/09/2024).

Dalam pelaksanaan strategi Nasional percepatan penurunan stunting juga disusun rencana aksi nasional melalui pendekatan keluarga berisiko stunting. Rencana Aksi Nasional mencakup: penyediaan data keluarga berisiko stunting, pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/pasangan usia subur, surveilans keluarga berisiko stunting dan audit kasus stunting.

Audit kasus stunting dilakukan melalui pembentukan tim audit, pelaksanaan audit kasus stunting dan manajemen pendampingan keluarga yang sudah dilaksanakan oleh beberapa orang dan para tim pakar, diseminasi (pemaparan hasil audit).

Kemudian tindak lanjut dari hasil audit dengan tujuan mengidentifikasi risiko terjadinya stunting dan mengetahui risiko serta menganalisis faktor risiko pada baduta atau balita. Dan pada kelompok sasaran sebagai upaya pencegahan dan perbaikan tatalaksana untuk kasus serupa.

“Kabupaten Karo pada tahun 2022 menurut SSGI berada di presentasi 24,9%. Tahun 2023 berada di 24.7%. Angka prevalensi stunting di Kabupaten Karo masih cukup tinggi. Marilah kita bekerja keras semua Tun TPPS supaya pada tahun 2024 ini kita bisa mendapatkan 14%,” terang Theopilus.

Turut hadir pada acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Karo dr. Arjuna Wijaya, Sp.P Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Data Martina, AP.,M.Si.,Tim Pakar AKS Kabupaten Karo, Tim PKK Karo, Kemenag Karo, serta para Camat terkait. (Akorta)

Related posts

Cemburu Lihat Mantan Pacar, Pria Mengamuk dan Bunuh Pemilik Kedai Kopi

Ester Minar

Polisi Berhasil Ungkap ‘Dodol Ganja’ , Modus Baru Pengederan Narkotika

Ester Minar

Selebgram Diciduk Polisi Saat Tarung Bebas

Ester Minar

Leave a Comment