3 Terdakwa Pengadaan Babi Divonis 2 Tahun Penjara

Mereka juga diharuskan membayar uang pengganti serta denda

3 Terdakwa Pengadaan Babi Divonis 2 Tahun Penjara
Ilustrasi Babi

MAMUJU - Majelis Hakim Tipikor Mamuju, Sulawesi Selatan memvonis tiga terdakwa kasus pengadaan babi bantuan dari Kementerian Sosial tahun 2015-2017 dengan 2 tahun penjara. Selain itu masing-masing harus membayar uang penggantian dan denda dengan jumlah berbeda-beda.

Terdakwa yang menjalani sidang yakni Feny Binti Salmon Bongga, Masdar Bin Abdul Talib dan Fayzal Dirgantara Rajab Eka. Pembacaan putusan dilakukan oleh Ketua Majelis hakim Heriyanto yang didampingi Dua hakim anggota Irwan Ismail dan Yudi Kasih Waruwu.

Dalam putusan hakim disebutkan, terdakwa Feny Binti Salmon Bongga terbukti bersalah dengan pasal subsidair pasal 3 jo pasal 18 undang–undang korupsi dengan hukuman 2 tahun penjara, uang pengganti Rp 256 Juta dan denda Rp 100 Juta.

Selanjutnya, terdakwa Masdar Bin Abdul Talib juga dijatuhi hukuman 2 tahun penjara, uang pengganti Rp 208 Juta dan denda Rp 100 Juta. Sedangkan terdakwa Fayzal Dirgantara Rajab Eka mendapatkan hukuman 2 tahun kurungan badan, denda Rp 100 juta dan uang pengganti Rp 452 juta.

Sementara Dedi, kuasa hukum Kedua terdakwa Masdar Bin Abdul Talib dan Fayzal Dirgantara Rajab Eka mengaku, salah satu kliennya yaitu Fayzal siap menyatakan banding.

"Kalau klien kami nama Fayzal Dirgantara sudah siap hari Senin besok sudah menyatakan banding dengan berbagai pertimbangan," jelas Dedi.

Menurut Dedi, kliennya tidak menemukan adanya kerugian negara oleh saksi ahli BPK-P sebagai tim audit resmi. Selain itu, kata Dedi, kliennya hanya penyedia barang yang mendapatkan keuntungan Rp 50 juta. (Sp)