8 Juta WNI Berpotensi Jadi Miskin Akibat Pandemi Covid-19

Penurunan penghasilan dan hilangnya pekerjaan menjadi salah satu faktor

8 Juta WNI Berpotensi Jadi Miskin Akibat Pandemi Covid-19
Ilustrasi grafik menurun

JAKARTA - Bank Dunia memprediksi 5,5-8 juta jiwa masyarakat Indonesia bisa masuk zona miskin akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian negeri ini.

Laporan yang dibuat oleh Bank Dunia dalam Indonesia Economic Prospects Juli 2020 menunjukkan pandemi Covid-19 membuat masyarakat Indonesia kesulitan mencari nafkah.

"Tanpa adanya dukungan masif dari pemerintah, apabila kita asumsi di mana ekonomi kontraksi hingga minus. Maka kemiskinan akan meningkat sangat signifikat," ungkap Frederico Gil Sander, World Bank Lead Evonomist for Indonesia, saat peluncuran laporan Indonesia Economic Prospects Juli 2020 secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Menurut laporan tersebut, potensi penambahan orang miskin di Indonesia karena adanya penurunan agregat pendapatan rumah tangga, bahkan hilangnya pekerjaan terhadap 2,6-3,6 juta jiwa.

Sektor jasa tradisional, pertanian dan manufaktur yang paling tajam penurunan pendapatannya. Pemerintah harus memiliki strategi yang tepat dan cepat untuk mengatasi dampak pandemi ini.

"Jadi tanpa ada dukungan pemerintah, akan ada jutaan orang jatuh ke kemiskinan. Oleh karena itu penargetan sangat penting, terutama mereka yang terdampak hilangnya pendapatan karena guncangan pandemi," tandasnya.(Sp)