suryapagi.com
NEWSSPORTS

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Vs Bahrain, Shin Tae Yong Ngamuk ke Wasit

SPcom JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengkritik keras keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga antara Indonesia dan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (10/10) kemarin. Menurutnya, wasit asal Oman itu terlalu mudah memberikan pelanggaran kepada tim tuan rumah dan membiarkan injury time berjalan lebih lama dari yang ditentukan, yang membuat Indonesia gagal meraih kemenangan perdana.

“Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, selalu ada tendangan bebas. Saya pikir semua orang tahu, itulah sebabnya pemain kami marah,” ujar Shin Tae Yong dalam konferensi pers pasca-pertandingan dikutip dari laman PSSI, Jumat (11/10/2024).

Laga yang digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, berakhir imbang 2-2 setelah Bahrain mencetak gol penyeimbang di menit ke-90+9, meski wasit hanya memberikan tambahan waktu enam menit.

Keputusan ini memicu kemarahan para pemain dan ofisial Timnas Indonesia, termasuk Shayne Pattynama dan manajer Sumardji, yang bahkan mendapat kartu merah dari wasit karena protesnya.

PSSI tidak tinggal diam atas kontroversi ini. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan bahwa PSSI akan melayangkan surat protes resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) atas kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf.

“Ya, kita kirim surat protes. Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit yang seolah menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” ucap Arya.

Kekecewaan ini tidak hanya terkait durasi injury time, tetapi juga keputusan wasit yang dianggap sering memberikan pelanggaran kepada Bahrain, merugikan permainan Indonesia.

Shin Tae Yong juga menyebut kemarahan para pemain Indonesia terhadap wasit sebagai hal yang wajar. Beberapa pemain, seperti Shayne Pattynama, terlihat sangat emosional terhadap keputusan-keputusan wasit yang dinilai tidak adil.

Shayne bahkan harus ditenangkan oleh pelatih kiper Kim Bong Soo setelah wasit membiarkan laga berjalan hingga menit ke-100, di mana Bahrain berhasil menyamakan kedudukan.

“Jika Anda menonton pertandingan ini, Anda akan mengerti mengapa pemain kami marah. Waktu tambahan enam menit, tetapi pertandingan berlanjut lebih dari sembilan menit,” tambah Shin Tae Yong.

Kegagalan meraih kemenangan membuat Timnas Indonesia turun ke posisi kelima klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi tiga poin. Bahrain kini berada di peringkat keempat dengan empat poin, sementara Jepang memimpin dengan sembilan poin, diikuti Australia dan Arab Saudi dengan masing-masing empat poin.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi China pada laga lanjutan di Stadion Qingdao, China, pada Selasa (15/10), dengan harapan bisa memperbaiki posisi di klasemen Grup C. (SP)

Related posts

Curi HP Bawa AirSoft Gun, Pria Mirip Algojo Ditangkap

Ester Minar

Viral! Pengantin Pria Kabur Usai Akad

Ester Minar

Dua Mahasiswa Ditangkap Polisi Lantaran Menjadi Pengedar Ganja

Ester Minar

Leave a Comment