Polisi Akan Jaga 24 Jam Jalur Tikus Untuk Mudik

SPcom JAKARTA – Ditlantas Polda Metro Jaya tidak hanya menjaga titik-titik pada jalan besar, tetapi juga telah memetakan jalur tikus yang berpotensi menjadi pintu keluar Jadetabek bagi pemudik. Polisi memastikan jalur tikus akan dijaga selama 24 jam penuh.

“Nanti di sini (jalur tikus) ada posnya. Semua yang lewat akan kita periksa. Kalau dia nggak punya SIKM kita putar balik. Kita jaga selama 14 hari 24 jam,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada, Sabtu (17/4/2021).

Ditlantas Polda Metro Jaya hari ini meninjau beberapa lokasi yang akan dijadikan titik penyekatan untuk mencegah warga mudik pada 6-17 Mei. Salah satu yang ditinjau yakni Jembatan Siphon Cibeet Saluran Tarum Barat di Kabupaten Bekasi.

Sambodo mengatakan Jembatan Sipohn Cibeet kerap digunakan warga untuk curi start mudik dan menghindar dari penjagaan petugas di pos check point.

“Ini adalah salah satu titik dari 14 titik penyekatan. Kenapa? Karena Jembatan Cibeet ini merupakan salah satu jalur tikus untuk menuju Karawang dan setelah Karawang bisa ke Jabar dan Jateng,” terang Sambodo.

Menurut Sambodo, pengecekan jalur tikus hari ini digunakan pihaknya untuk mematangkan teknis penyekatan. Dia menyebut khusus di Jembatan Cibeet sendiri biasa digunakan oleh pengendara motor dan travel gelap yang curi start mudik.

Lebih lanjut Sambodo “kami bisa pastikan, pengawasan selama kebijakan larangan mudik berlangsung, jalur tikus akan diperketat, akan berjaga selama 24 jam penuh,” Ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan kini ada 31 titik perbatasan Jakarta dan daerah penyangga yang akan disekat. Titik penyekatan dilakukan di jalan tol, jalan arteri dan beberapa jalan perbatasan yang kerap digunakan sebagai jalur tikus. 14 titik penyekatan lainnya ada di Cikupa, ada di Bitung, dan di Gerbang Tol di Bitungnya. (SP)

Jalur TikusMudik lebaran 2021
Comments (0)
Add Comment