Dua Ekor Kobra Dewasa Masuk ke Rumah Warga di Klaten

SPcom KLATEN – Dua ekor ular kobra ditemukan di rumah warga di Dusun Jetis, Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Klaten. Dua ekor kobra itu sudah dewasa dengan ukuran lebih dari satu meter.

“Bukan anakan lagi, sudah kobra dewasa. Panjangnya lebih dari satu meter dan kulit sudah hitam mengkilat,” ungkap warga setempat, Joko Supriyanto, Rabu (28/4/2021) pagi.

Joko mengatakan, ular tersebut masuk ke rumah Prasetyo. Pemilik rumah kemudian melaporkan kepadanya untuk minta dibantu evakuasi karena khawatir.

“Adanya ular itu dilaporkan ke saya sekitar pukul 23.30 WIB, Selasa (27/4/2021) malam. Lalu saya koordinasi dengan relawan RCTD (Reaksi Cepat Tanggap Darurat),” imbuh Joko.

Setelah itu, evakuasi dilakukan manual. Ular kobra ditemukan bersembunyi di gudang rumah.

“Ular dua ekor ditemukan di gudang, kita evakuasi. Padahal ini tidak awal musim hujan masa ular menetas tapi mungkin karena rumah dekat sungai,” papar Joko.

Penasihat Relawan Reaksi Cepat Tanggap Darurat (RCTD), Eko Santosa menjelaskan laporan masuk hampir tengah malam. Dikhawatirkan membahayakan langsung dievakuasi.

“Kita langsung evakuasi sampai pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Ditemukan dua ekor kobra dewasa,” jelas Eko.

Dikatakan Eko, ular posisinya di gudang dan bersembunyi di lubang tanah di dalam rumah. Untuk mengeluarkan disiram air lebih dahulu.

“Kita keluarkan semua barang, kita siram air tiga ember akhirnya keluar dan bisa diamankan. Lokasi rumah di tepi sungai memungkinkan ada ular,” lanjut Eko.

Eko mengatakan bahwa kemungkinan masih ada ular kobra yang lain karena posisi rumah berada di tepi sungai.

“Karena di tepi sungai bisa jadi masih ada ular lainnya. Kalaupun ada, ukurannya mungkin sama sebab ular menetas biasanya tidak cuma satu dua ekor saja,” pungkas Eko. (SP)

Comments (0)
Add Comment