Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Presiden Jokowi Meminta Seluruh Masyarakat Tetap Semangat Lawan COVID-19

SPcom JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Presiden Jokowi menuliskan dalam media sosial Instagram miliknya bahwa perjuangan negara dan seluruh masyarakat harus tetap semangat optimisme dalam melawan pandemi Covid-19.

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang untuk membendung segala dampaknya. Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bersatu dan bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju,” Tulis Jokowi pada akun Instagramnya, @jokowi, Kamis (20/5/2021).

Jokowi juga menampilkan gambar kartun atau animasi yang menunjukkan 7 orang menggunakan beragam baju daerah dalam unggahan Instagramnya tersebut.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati tiap tanggal 20 Mei karena diambil dari tanggal lahirnya organisasi Boedi Oetomo. Boedi Oetomo didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen atau STOVIA pada 20 Mei 1908.

Presiden pertama RI Soekarno menetapkan Harkitnas pada tanggal berdirinya Budi Utomo pada 1948 di Istana Kepresidenan Yogyakarta.
Lahirnya Boedi Oetomo ini pula menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah dan menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional.

Perjuangan yang selama ini bersifat kedaerahan, berubah menjadi bersifat nasional dengan tujuan mencapai kemerdekaan.
Perjuangan yang selama ini dilakukan secara fisik, juga dilakukan dengan cara memanfaatkan kekuatan pemikiran. (SP)

Covid-19Hari Kebangkitan NasionalPresiden Jokowi
Comments (0)
Add Comment