Pangdam Jaya Tinjau Kampung Pancasila di Bekasi

SPcom BEKASI – Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meninjau Kampung Pancasila di Jalan Raya Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (2/6/2021).

Kampung Pancasila didirikan untuk membangkitkan kembali semangat pengamalan Pancasila kepada warga masyarakat. Agar masyarakat mengingat kembali dan mengamalkan kembali Pancasila.

Kehidupan di Kampung Pancasila harus dapat membuktikan bahwa warganya dapat saling hormat menghormati, bisa kerja sama dan yang paling penting adalah dapat menjaga toleransi sesama umat beragama.

Dudung tiba di halaman Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi, disambut oleh Bapak KH. Rahmadin Hafid Pengasuh Pondok Pesantren Fisabilillah (Yasfi). Setelah itu ia meninjau Gereja Kristen Pasundan, kemudian dilanjutkan meninjau Gereja Katolik Santo Servatius dan Pura di Yayasan Pendidikan Hindu Kampung Sawah.

Menurut Dudung, program Kampung Pancasila ini diadakan pada saat Pandemi Covid-19 sudah menurun.

“Pada saat itu juga anak-anak generasi muda masih melaksanakan kegiatan belajar melalui online. Maka nilai-nilai Pancasila ini harus diterapkan,” ujarnya.

Dudung menjelaskan, untuk nilai-nilai Pancasila bisa masuk dalam program hiburan film kartun, cerita pendek ataupun teka-teki. Selain itu dapat juga dibuat karya mural yang menggambarkan Pancasila di dinding-dinding.

Sementara tokoh masyarakat setempat, Soni menyampaikan bahwa Kampung Sawah sebelumnya telah mendapatkan penghargaan sebagai Kampung Ramah Lingkungan dari Pemprov Jawa Barat.

“Disamping itu Kampung Sawah ini mendapat penghargaan berkah kerja sama dari tokoh masyarakat, tokoh ulama dan juga bantuan dari aparat TNI/Polri,” tandasnya.

Pangdam Jaya juga didampingi oleh Danrem 051/Wkt, Wakil Wali kota Bekasi, para Asisten Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, Kapendam Jaya, Kapolres Metro Bekasi Kota, tokoh masyarakat dan warga sekitar.(Sp)

Kampung PancasilaMayjen TNI Dudung AbdurachmanPangdam Jaya
Comments (0)
Add Comment