Kenali Gejala Gusi Tak Sehat

Tanda bahwa Anda memiliki kesehatan mulut yang baik adalah gusi yang sehat. Justru tanda bahwa ada sesuatu yang tidak baik pada kesehatan mulut dan gigi ditandai dengan masalah pada gusi.

Obat oral dan perawatan sederhana memungkinkan untuk mengatasi beberapa masalah gusi. Pembedahan dan perawatan tingkat lanjut akan dibutuhkan jika masalah ini sudah serius. Berikut tanda yang menandakan gusi Anda sedang bermasalah.

  1. Napas tak sedap

Lumrah jika setelah makan daging atau bangun tidur, napas Anda tak sedap. Lain soal jika memiliki masalah bau mulut berkepanjangan. Bahkan setelah menyikat gigi dan memakai obat kumur. Ini bisa menjadi tanda gusi Anda bermasalah.

  1. Pendarahan gusi

Kunjungi dokter gigi jika gusi tampak berdarah setelah menyikat gigi. Ini adalah tanda gusi lemah dan butuh perawatan tepat.

  1. Sensitif

Gusi yang sehat mudah beradaptasi dengan segala macam suhu. Berbeda jika Anda merasa ngilu setelah makan atau minum yang panas atau dingin. Inilah tanda bahwa kesehatan gusi anda buruk.

  1. Gigi goyah

Tanda bahwa gusi Anda tidak memiliki pegangan kuat adalah gigi menjadi mudah goyah atau goyang.

  1. Gusi bernanah

Kondisi gusi bernanah menandakan Anda telah mengabaikan kesehatan gusi selama ini. Gejala ini biasanya timbul pada stadium lanjut. Segera pergi ke dokter untuk segera ditindaklanjuti.

  1. Gusi menyusut

Penyusutan gusi akan membuat gigi tampak lebih panjang dan ujung gigi mudah terlihat. Hal ini terjadi saat kesehatan gusi sudah memburuk.

Waspadai tanda yang Anda temukan sebelum kondisi gusi menjadi parah, dan segera periksakan ke dokter. Keluhan di gusi bukanlah hal yang bisa Anda remehkan.

doktergigigusikesehatansehat
Comments (0)
Add Comment