Diduga Lakukan Pungli Hingga Belasan Juta Rupiah, Tiga ASN Diamankan Satgas Saber Pungli

SPcom BANDUNG – Tiga orang aparatur sipil negara (ASN) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung, berinisial SH, EA dan AD, diamankan oleh Satgas Saber Pungli Jawa Barat. Diduga tiga orang ASN itu melakukan pungli terhadap kepala sekolah SD dengan total belasan juta rupiah.

“Orangnya itu sudah kita periksa,” ucap Kepala Bidang Data dan Informasi Satgas Saber Pungli Jabar, M Yudi, Senin (19/7/2021).

Yudi menuturkan kasus itu terbongkar usai Satgas Saber Pungli Jabar menerima informasi dari masyarakat. Tim kemudian melakukan penelusuran dan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap ketiga ASN tersebut.

Kasus ini terjadi di dua kecamatan yakni Pangalengan dan Kertasari. SJ sendiri sehari-hari bertugas sebagai Korwil Kecamatan Pangalengan, EA selalu pengawas SD di Pangalengan dan AD selalu Korwil Kecamatan Kertasari.

“Tiga itu yang diduga kuat yang bersangkutan melakukan pungli terhadap kepsek, sekolah SD,” tuturnya.

Total ada 70 SD di dua Kecamatan itu. Namun, belum semua sekolah dimintai uang oleh ketiga orang tersebut. Adapun setiap kepala sekolah SD diminta uang Rp 150 hingga Rp 200 ribu. SJ yang menginstruksikan untuk meminta uang kepada para kepsek.

“Iya (minta) ke 70 (SD), tapi belum semuanya, totalnya baru Rp 11.650.000,” kata dia.

Yudi menjelaskan uang-uang tersebut diminta berkaitan dengan urusan verifikasi pembuatan kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) .

“Itu untuk mempermudah verifikasi, mungkin, karena kita lagi dalami. Jadi kita lakukan pemeriksaan, uang itu belum ada aliran, jadi masih dari kepsek ke oknum itu,” katanya.

Satgas Saber Pungli masih melakukan pemeriksaan, sehingga ketiga orang tersebut belum ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya juga tidak ditahan. (SP)

Aparatur Sipil NegaraASNBandungPungli
Comments (0)
Add Comment