Pengurus LMNI Latihan Helicopter Underwater Escape di Lakespra TNI AU

SPcom JAKARTA – Ketua Umum Lembaga Maritim Nasional Indonesia (LMNI), Jay Aryaputra Singgih beserta jajaran pengurus, melakukan Diklat Pendaratan Darurat Pada Helicopter di Air.

Jay mengatakan, pelatihan khusus seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya kondisi darurat. Kegiatan ini bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr. Saryanto TNI AU.

“Kita melaksanakan helicopter underwater escape training, dengan lima pengurus. Sebelumnya, diberikan pembelajaran teori dan juga melihat praktik langsung dari instruktur,” ujar Jay, Sabtu (13/11/2021).

Usai mendapatkan arahan, para peserta pelatihan kemudian diuji langsung. Mereka masuk ke dalam boks besi yang disimulasikan sebagai badan helikopter.

Lalu boks tersebut, diangkat dengan crane untuk kemudian ditenggelamkan di kolam yang cukup dalam. Para peserta yang berada di dalamnya, harus bisa keluar menyelamatkan diri dari boks dalam waktu singkat.

“Bersyukur semua lancar. Karena materi dan arahan yang jelas kita bisa keluar semua dengan selamat,” ucapnya.

Ketum LMNI, Jay Aryaputra Singgih

Para peserta langsung disematkan brevet oleh Kadep Aerofisiologi Lakespra dr. Saryanto TNI AU, Kolonel Kes dr. Dewi Gathmir.

“Terima kasih juga kepada Kepala Lakespra, Marsekal Pertama dr. Swasono dan juga para personel TNI AU yang telah membantu kami,” tandasnya. (Sp)

helikopterJay AryaputraLatihanTNI AU
Comments (0)
Add Comment