Menilap Dana Desa Sejumlah Rp 800 Juta, Seorang Kades Ditangkap

SPcom RIAU – Oknum Kepala Desa di Indragiri Hilir, Riau, bernama Nuardi (48) ditetapkan sebagai tersangka setelah menilap dana desa Rp 800 juta.

Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Dian Setyawan mengatakan Nuardi ditetapkan tersangka pada Senin (6/12) lalu. Setelah ditetapkan tersangka sang Kades langsung ditahan.

“Senin kemarin pukul 10.00 WIB selesai, telah dilakukan penetapan tersangka dan penahanan atas nama Nuardi,” kata Dian, Rabu (8/12/2021).

Dian mengatakan tersangka diduga melakukan Tindak Pidana Korupsi terkait pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja Desa Pelanduk tahun anggaran 2020. Nilai anggaran berkisar Rp 1,8 miliar.

“Nilai anggaran Rp 1.855.173.150 di tahun 2020 lalu. Rp 1,8 miliar itu jumlah APBDes, tapi yang dikorupsi sekitar Rp 800 jutaan,” ungkap Dian.

Kasat Reskrim Polres Indragiri Hilir, AKP Amru Abdullah mengatakan uang negara ratusan juta itu dipakai untuk keperluan pribadi kades. Modusnya dengan laporan fiktif dan melakukan markup kegiatan di desa.

“Modusnya ada yang di-markup dan ada yang fiktif. Sejauh pemeriksaan kami ke tersangka tidak ada dibelikan ke barang, hanya disebut untuk kepentingan pribadi saja,” katanya.

Selain kades, penyidik juga mendalami dugaan keterlibatan pihak lain. Sebab pemeriksaan masih terus berlanjut usai menetapkan Nuardi sebagai tersangka.

“Pemeriksaan kami masih berlanjut dan tidak menutup kemungkinan akan muncul tersangka-tersangka lain,” katanya.

Atas perbuatanya, tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 3 Undang-undang RI No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (SP)

Dana desaKepala DesaKorupsiRiau
Comments (0)
Add Comment