Kecelakaan Maut, Truk Tabrak 20 Kendaraan, 5 Tewas

SPcom BALIKPAPAN – Terjadi kecelakaan maut yang melibatkan 20 kendaraan di Trafic Light (lampu merah) Simpang Muara Rapak, Jalan Soekarno-Hatta,Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.30 Wita.

Berdasarkan informasi terakhir, kecelakaan karambol ini mengakibatkan 5 korban tewas, 1 kritis, dan 13 luka ringan.

Kecelakaan maut ini melibatkan 6 kendaraan roda empat dan 14 kendaraan roda dua. Sumber tabrakan itu adalah truk kontainer yang melaju di belakang menabrak 19 kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah.

Dalam rekaman video yang beredar, terlihat truk kontainer diduga mengalami rem blong dan menyeruduk sejumlah kendaraan yang sedang berhenti di trafic light Simpang Muara Rapak.

Tabrakan maut ini mengakibatkan 5 pengendara tewas. Dua korban tewas di antaranya merupakan pasangan suami istri (pasutri).

“Tabrakan beruntun. Truk rem blong. Banyak korban berjatuhan. Alhamdulillah saya selamat,” ujar salah satu warga yang merekam kejadian.

Dari rekaman CCTV terlihat truk melaju dengan kecepatan tinggi menghajar belasan kendaraan yang tengah berada di trafic light. Akibatnya ada kendaraan besar, mobil dan sepeda motor yang ringsek.

Para korban berjatuhan dengan berbagai kondisi. Ada yang hanya bisa terduduk, serta terkapar di jalan. Truk diketahui bermuatan kontainer 20 fit berisikan kapur bersih air dengan berat 20 ton. Kemudian saat di depan Rajawali (KM 0,5), sopir mengaku sudah mengurangi persneling.

Tepat di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton akhirnya meluncur dan menabrak kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah Muara Rapak.

Truk juga menyebabkan lampu merah roboh seketika dan pagar pembatas jalan rusak parah.

Belasan korban dalam kecelakaan ini telah dibawa ke RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo dan RSUD Beriman Balikpapan.

Dirlantas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Sonny Irawan menjelaskan, pihaknya masih mengumpulkan keterangan saksi di lapangan termasuk CCTV yang merekam detik-detik kecelakaan.

“Sopir truk sudah diamankan di Mapolresta Balikpapan,” katanya.

Diketahui kawasan ini kerap terjadi kecelakaan yang diakibatkan kendaraan yang mengalami rem blong. (SP)

BalikpapanKecelakaan MautRem blongSimpang RapakSimpang RapaoTruk Kontainer
Comments (0)
Add Comment