Ratusan Guru PAUD di Jakarta Selatan Terlindungi Program Jamsostek

SPcom JAKARTA- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Salemba bersama Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) menggelar sosialisasi kepada guru PAUD se-Jakarta Selatan, Selasa (1/2/2022).

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba M. Izaddin mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama BPJAMSOSTEK dengan Kemendikbud Ristek yaitu sesuai Surat Edaran Mendikbud Ristek No 8/2021 bahwa seluruh tenaga pendidik wajib menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

”Di sini yang bisa mendaftar peserta Jamsostek tidak hanya untuk guru-gurunya saja. Penjaga sekolahnya juga bisa, tukang parkirnya bisa, bahkan pedagang di sekitar sekolah juga bisa,” ujarnya.

Menurut Izaddin, hal itu terkait transformasi program Jamsostek yang tidak hanya dapat dimiliki oleh pekerja formal saja. Tetapi, pekerja di sektor informal kini juga berhak sekaligus wajib dilindungi oleh program Jamsostek.

”Mungkin sebagian kalangan masih belum tahu informasi ini. Untuk itulah pentingnya terus bersosialisasi,” ucapnya.

Program Jamsostek memiliki manfaat yang sangat besar namun iurannya terjangkau oleh seluruh kalangan. Contohnya dalam kepesertaan bukan penerima upah (BPU) ada besaran hanya Rp16.800 per bulan. Iuran tersebut mencakup dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

”Nilai iuran yang boleh dibilang lebih murah dari harga sebungkus rokok atau mungkin hanya harga semangkuk bakso, tapi manfaatnya bisa unlimited,” kata Izaddin.

Misalnya ketika peserta mengalami kecelakaan kerja seberat apa pun maka program Jamsostek akan menjamin seluruh biaya pemulihan sesuai kebutuhan medis.

”Karena sesuai aturan yang berlaku, BPJAMSOSTEK akan membiaya peserta sampai pulih, sampai kembali bekerja berapa pun biayanya rumah sakitnya sesuai indikasi medis dan berapa pun lamanya perawatan peserta tidak perlu lagi menanggung sepeser pun,” cetus Izaddin.

Pada kegiatan tersebut setidaknya 250 guru PAUD mendaftar sebagai peserta program Jamsostek. Tidak hanya di Jakarta Selatan, pihaknya bersama Himpaudi DKI Jakarta akan menjangkau sosialisasi serupa untuk seluruh wilayah DKI Jakarta. (*)

asuransiBisnisGuruJamsostekpendidikanTenaga Kerja
Comments (0)
Add Comment