Komnas Perempuan Ikut Komentari Ceramah Oki Setiana Dewi Soal KDRT

SPcom JAKARTA – Nama Oki Setiana Dewi mendadak jadi sorotan usai videonya viral di media sosial. Dalam video itu, Oki membahas soal kisah seorang istri yang mendapatkan tindak kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Oki berujar istri tersebut bertengkar hingga sang suami memukulnya. Pada waktu yang sama kedua orang tua istri itu datang.

Bukan mengadu tentang tindakan KDRT kepada orang tuanya, istri itu malah menutupi perbuatan keji suaminya

“Ada sebuah kisah nyata di Jeddah, suami istri lagi bertengkar. Suaminya marah luar biasa pada sang istri lalu dipukullah wajah istri. Kemudian istrinya menangis lalu dipukullah wajah istri. Tiba- tiba bel rumah berbunyi ternyata ibu sang istri datang. Suaminya dari kejauhan deg-degaan, takut sang istri mengadu bahwa tadi baru dipukul,” kata Oki Setiana Dewi dalam video.

“Ibunya bertanya kenapa mata sang istri sembab. Istri bilang ‘Aku kangen ibu dan ayah, eh taunya datang. Doaku dijawab jadi semakin terharu jadi aku menangis’. Karena hal itu suaminya jadi luluh hatinya jadi makin sayang dan cinta suami tersebut,” lanjutnya.

Rupanya pernyataan Oki itu dianggap seolah menormalisasi tindakan KDRT. Tak ayal, netizen dan Komnas Perempuan pun memberikan berbagai komentar terkait video tersebut. Ya, Komnas Perempuan menyayangkan isi ceramah Oki.

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi memberikan pendapat soal isi ceramah tersebut.

Siti Aminah mengingatkan pada Oki Setiana Dewi, sebagai pendakwah harusnya memberikan penjelasan pada jamaahnya untuk mengerti aturan hukum.

“Mengingat perannya sebagai penceramah, maka terdapat kewajiban untuk mendorong jamaah taat pada aturan hukum juga menyampaikan tafsir keagamaan yang berpihak terhadap perempuan. Kekerasan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan dalam Islam, termasuk suami menampar istri,” tegasnya.

Menceritakan kekerasan yang dialami kepada orang tua, menurut Siti Aminah bukan membuka aib suami.

Orang tua mempunyai peranan penting untuk memantau anak perempuannya diperlakukan dengan baik oleh pasangannya. (SP)

CeramahKDRTKomnas PerempuanOki Setiana Dewi
Comments (0)
Add Comment