Perwakilan MAN IC Kendari Sosialisasi SNPDB Kepada Siswa MTsN 4 Buteng

SPcom BUTON TENGAH – Perwakilan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ahmad Rais berharap agar siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Buton Tengah (Buteng) bisa bersaing dan lulus seleksi masuk di MAN IC Kota Kendari.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan sekaligus menggelar sosialisasi dan pembagian brosur Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN IC Kota Kendari Tahun Pelajaran 2022/2023, di MTsN 4 Buteng, Jumat (4/2/2022).

“Saya harapkan antusiasnya siswa-siswi MTsN 4 Buton Tengah itu bisa mendaftar secara online kemudian mengikuti tes seleksi dan bisa lulus serta mendapatkan pendidikan di MAN IC Kota Kendari,” ucapnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Ahmad Rais juga menyebutkan bahwa MAN IC Kota Kendari saat ini merupakan salah satu sekolah unggulan favorit di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan moto ‘Kampus Prestasi, Mandiri dan Islami’.

“Kami di MAN IC Kota Kendari juga sudah mempunyai akses dengan luar negeri guna mendapatkan beasiswa bila mereka mau melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, seperti di negara Rusia dan China. Kalau untuk di dalam negeri kita juga sudah ada kerja sama atau MoU dengan ITB dan Universitas Pertamina,” sebutnya.

Master Pendidikan jebolan IAIN Kendari ini juga menjelaskan, di MAN IC Kota Kendari tentunya perihal yang berkaitan dengan bakat dan minat belajar siswa akan terus diasah serta dikembangkan semaksimal mungkin. Hal itu agar alumni MAN IC Kota Kendari memiliki kualitas daya saing dan prestasi yang dapat diandalkan untuk masuk di perguruan tinggi mana pun.

“Mungkin ada bakat, minat dan prestasinya anak yang saat ini belum muncul, maka di sana akan diasah serta dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Kalau tes seleksi untuk masuk di MAN IC Kendari itu dilaksanakan secara online di Buton Tengah, karena ini dilakukan melalui seleksi nasional dari Kementerian Agama Republik Indonesia,” jelasnya.

Perwakilan MAN IC Kota Kendari Ahmad Rais Bersama Kepala MTsN 4 Buteng Yuyusriwati

Sementara itu, Kepala MTsN 4 Buteng, Yuyusriwati mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada pihak MAN IC Kota Kendari karena telah mengunjungi Madrasah yang dipimpinnya.

“Tentunya kegiatan sosialisasi tadi bisa membuka wawasan siswa-siswi kita supaya berkeinginan mengikuti tes seleksi untuk masuk di MAN IC Kendari dan bersaing dengan siswa-siswi lulusan MTs maupun lulusan SMP dari luar Buton Tengah. Karena di MAN IC itu siswa-siswinya bukan hanya yang berasal dari Kota Kendari, tapi dari berbagai daerah juga ada,” ungkapnya.

Ia juga berharap melalui kegiatan sosialisasi SNPDB, siswa-siswi bisa berdiskusi dengan orang tuanya guna menentukan tujuan untuk melanjutkan pendidikan di MAN IC Kota Kendari yang dikenal sebagai sekolah unggulan favorit di Provinsi Sultra tersebut.

“Kita harapkan agar siswa-siswi kita ini juga punya kesempatan dan bisa masuk di MAN IC Kota Kendari dengan prestasi yang mereka miliki sekarang,” ucapnya. (Anto)

Buton Tengahpendidikan
Comments (0)
Add Comment