Viral, Seorang Ibu ODGJ Rawat Bayi 8 Bulan

SPcom LABUHANBATU – Viral seorang ibu ODGJ merawat bayinya berusia 8 bulan. Kini bayi itu sudah dibawa ke rumah aman milik Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut).

Bayi bernama Rizki itu sebelumnya dirawat oleh kedua orang tuanya dan tiga kakaknya di Desa Bandar Kumbul, Bilah Barat, Labuhanbatu.

“Tentang bayi ini, awalnya saya diberitahu Pak Ihsan (Personil Polres Labuhanbatu) pada hari Rabu (9/2). Hari itu juga kami langsung datang ke sana. Dan hari itu juga langsung kita bawa ke rumah aman,” kata sekretaris LPAI Labuhanbatu, Zahra, Jumat (11/2/2022).

Zahra mengatakan kedatangannya ke kediaman orang tua Rizki mulanya hanya ingin melihat kondisi bayi tersebut. Namun begitu sampai di sana ternyata kondisinya lebih memprihatinkan.

“Saat kami sampai, kondisinya sangat memprihatinkan. Dia nggak pakai baju, bergelantungan (diletakkan saja) di ayunan, kotorannya bercecer di mana-mana, badannya kurus kurang gizi, sedihlah,” imbuh Zahra.

Zahra akhirnya mengusulkan untuk membawa Rizki ke Rumah Aman LPAI. Tokoh setempat juga ikut menyuarakan pendapatnya termasuk ayah Rizki akhirnya setuju anaknya dibawa oleh LPAI.

LPAI berjanji akan mengembalikan Rizki jika kondisi kejiwaan ibunya sudah pulih. Dia diminta fokus membantu memulihkan gangguan jiwa yang dialami istrinya.

Setelah berada di Rumah Aman, LPAI akan membawa Rizki untuk menjalani pemeriksaan medis. Selain kondisinya yang masih di bawah normal, Rizki juga sedang mengalami beberapa penyakit.

“Ya dia masih mencret, masih rewel, masih belum benar benar stabil,” ujar Zahra.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti mengunjungi Rizki di Rumah Aman KPAI. Dia memberikan sedikit bantuannya untuk kebutuhan Rizki.

“Ada sedikit susu, baju dan uang tunai tadi. Kita titipkan kepada pengasuh rumah aman,” kata Kapolres.

Menurut Anhar kondisi Rizki sudah mulai membaik meski masih memprihatinkan. Hal itu berdasarkan penilaian istri Anhar s yang memang berprofesi sebagai dokter.

“Jika dilihat dari pemeriksaan sederhana, kondisinya sudah mulai membaik,” ujarnya.

Mengenai kondisi 3 kakak Rizki, hingga saat ini keberadaannya belum jelas. Anhar mengatakan akan mencari tahu bagaimana nasib ketiga kakaknya ini. (SP)

BayiIbuLabuhanbatuODGJviral
Comments (0)
Add Comment