Presiden Jokowi Dukung Program Panglima TNI Yudo Margono

SPcom JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana program Panglima TNI Yudo Margono yang ingin melakukan pendekatan humanis dalam menjaga stabilitas keamanan di Papua.

Menurutnya, cara tersebut atau langkah pengurangan jumlah prajurit di Bumi Cendrawasih bisa menjadi salah satu solusi mengakhiri konflik dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan tersebut.

“Saya kira pendekatan humanis baik, pengurangan prajurit TNI di Papua juga baik,” ujar Jokowi.

Namun, Kepala Negara juga mengingatkan penanganan secara humanis bukan berarti mengendurkan ketegasan dalam menghadapi KKB.

“Tapi memang harus tegas. Kalau kita tidak tegas di sana, KKB akan selalu berbuat seperti itu. Tidak akan selesai-selesai masalahnya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo, menyatakan dukungannya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membersihkan perilaku koruptif pejabat daerah di Papua.

Ia menilai jika KPK secara konsisten memeriksa dan menindak pejabat yang terindikasi korupsi, Otonomi Khusus (Otus) jilid dua akan memberikan hasil sebagaimana diharapkan bersama;.

Hal itu dikatakan Pius Wanimbo di Keerom. Pius menyebut Otsus jilid satu sudah selesai, tetapi hasilnya tidak semua masyarakat merasakannya. Salah satu sebabnya ialah kurangnya pengawasan.

“Otsus kemarin jilid satu memang tidak sampai, tidak menyentuh ke masyarakat, yang lebih khusus masyarakat di daerah-daerah terpencil. Menurut saya, Otsus jilid satu gagal karena pemerintah daerah tidak pernah turun ke lapangan, langsung ke masyarakat terkait. Jadi tidak ada koordinasi,” ujar Pius. (SP)

Laksamana Yudo MargonoPanglima TNIPapuaPresiden Jokowi
Comments (0)
Add Comment