ADITH Keluarkan ‘ASA’, Koleksi Batik Magelangan 2023

SPcom JAKARTA – Desainer muda Adith kembali menggebrak belantikan fesyen Indonesia. Ia pun menggali potensi keindahan budaya dari Kota Magelang, sebuah kota kecil di Jawa Tengah.

Tatanan budaya Indonesia, Wastra Nusantara yang begitu kaya menjadi inspirasi koleksi batik pertama tahun 2023. Adith mendesain sendiri corak batik motif sekar jagad yang terinspirasi dari julukan kota magelang sejuta bunga . Di aplikasikan dengan modern ungkapan optimisme hadir lewat permainan palet warna neon yang cerah seperti Lime green, viva magenta yang bersemangat dan menyala .

Dipadukan beige sebagai warna dasar dengan material seperti linen, katun silk, chiffon, organza silk yang ringan, Semua melebur menjadi sebuah koleksi perayaan akulturasi masa yang beradaptasi dalam garis kepraktisan kekinian.

Secara umum, Batik Magelangan Modern batik-batik yang lahir dari tangan Adith memiliki dua filosofi. Pertama, mengusung nilai berahnomnomi, yakni semangat anak muda. Kedua, woh pangolahin budi, yang merupakan hasil olah rasa, pikiran, dan teknologi.

Ia berhasil menginterpretasikan rekaman memori dan imajinasinya ke berbagai elemen busana, potongan pola adaptif dari kebaya, kimono, rok sarung hingga potongan kotak dan oversized yang modern. Semua disesuaikan dalam proporsi baru yang dilebur bersama permainan motif dan warna, hingga menciptakan olahan baru yang bersemangat, etnik sekaligus kontemporer.

Dan rasa rindu yang tertuang membentuk jati diri Adith semakin nyata dengan karya tangan yang khas, sebuah jahitan inspirasi budaya yang personal baginya setelah menghadapi berbagai lonjakan tatanan kehidupan yang tidak menentu.

“Membuat kita berpaling dan juga mengingatkan, bahwa saya dan Kota Magelang sedang merajut tata kehidupan baru. Seperti budaya Nusantara yang selalu akan tetap di hati insan manusia Indonesia walau zaman terus berusaha menggerusnya,” ujarnya.

Koleksi Batik trend 2023 dengan nama ASA yang berasal dari bahasa sansekerta ini bermakna Harapan. Sama seperti Magelang yang dijuluki kota Harapan.

“Harapan kita semua bagaimana bisa beradaptasi, bergerak dan tetap optimis setelah semua orang melalui masa-masa panjang penuh tantangan dan juga ternyata dengan memberdayakan penduduk lokal. Kita tidak hanya membantu menggerakan roda perekonomian, tapi juga menambahkan value pada karya itu sendiri,” terangnya.

Apalagi terdapat banyak sekali pesan sosial seperti dengan memberdayakan UMKM / penduduk lokal. Ini membantu memberantas human traffiking, dan juga membantu mengentas mereka yang ingin bekerja diluar sebagai tenaga kerja indonesia, dengan Batik mereka bisa belajar mengilah rasa mencintai budaya yang menajadi jati diri Bangsa.

ASA akan ditampilkan bersama Dekranasda Magelang pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2023 bertempat di Jakarta Hall Convention Center Main Stage pukul 13.00 Siang WIB dihadiri oleh Walikota Magelang , Ketua Dewan Pembina Dekranasda Magelang dan para Duta Besar.

BatikBudayadesainerFashionMagelang
Comments (0)
Add Comment