Kodam III/Siliwangi Wujudkan Ketahanan Nasional Dengan Sinergi Antar Matra

SPcom BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menggelar acara Coffee Morning dengan pejabat Gartap II/Bandung, di ruang Siliwangi, Makodam III/Slw, Kota Bandung, Senin (27/2/2023).

Kunto yang juga sebagai Dargartap II/Bandung pada acara tersebut menyampaikan peran dan fungsi baik Kodam III/Siliwangi maupun Gartap II/Bandung.

Menurutnya, fungsi utama Kodam III/Siliwangi adalah pembinaan teritorial. Sementara Gartap II/Bandung yang merupakan satuan di bawah Mabes TNI memiliki tugas pokok menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit dan PNS TNI yang ada di wilayah Jawa Barat dan Banten.

“Kita harus paham dulu tentang tugas itu sendiri, fungsi kita terhadap tugas itu sendiri apa. Sehingga kita dapat melaksanakan pembinaan atau pengarahan dengan tepat,” ujarnya.

Terkait masalah teritorial, Binter sebagai strategi pertahanan matra darat yang dikembangkan untuk mengantisipasi permasalahan teritorial yang terdiri dari perpaduan dinamika unsur geografi, demografi, dan kondisi sosial.

Pada kesempatan itu Kunto membeberkan perihal Modernisasi Pembinaan Teritorial, Intelijen dan tempur terintegrasi, dengan melibatkan tiga matra (Darat, Laut dan Udara).

Ia menjelaskan, dalam Modernisasi Binter tersebut ditopang oleh tiga aspek yaitu Komunikasi Sosial (Komsos) yang dalam implementasinya melakukan pembinaan kondisi sosial.

Kemudian Bakti TNI melalui pembinaan geografis dan perlawanan wilayah (Wanwil) dengan pembinaan demografi.

Kesemuanya diarahkan untuk memperoleh suatu kekuatan kewilayahan, di mana geografi sebagai ruang juang, demografi sebagai alat juang, dan kondisi sosial sebagai kondisi juang yang tangguh bagi penyelenggaraan pertahanan negara.

BandungKetahanan NasionalSiliwangiTNI
Comments (0)
Add Comment